Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Buru Desainer Muda Berbakat China

Kompas.com - 27/12/2011, 11:15 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Komitmen General Motors menjadikan China sebagai pasar mobil utama terus dibuktikan. Setelah mendirikan studio desain di Shanghai, kini merek "Amrik" itu butuh tenaga kerja, desainer-desainer muda berbakat lokal China untuk mengelolanya.

Studio Desain GM direncanakan mulai beroperasi Juli 2012 dengan fasilitas terbaru Advanced Technical Center (Pusat Pengembangan Teknik). Direktur Studio Desain GM Wulin Gaowa mengatakan, "Kami mencari individu yang punya hasrat dan bakat luar biasa dalam hal desain mobil dan mereka yang berani melawan arus."

Dijelaskan, sejak September 2011, dirinya terus memburu anak muda berbakat dari sekolah dan universitas desain di Beijing, Guangzhou, Hong Kong, Detroit dan Los Angeles. Gaowa menegaskan, pencarian masih berlanjut! Wanita berambut pendek ini menambahkan, studio desain di China menjadi lokasi paling penting karena menembus batas semua pasar di dunia. Artinya, produk yang diciptakan di lokasi ini akan bersifat global, bukan hanya untuk pasar China.

"Permintaan mobil di China terus bertambah, kesuksesan kami di sini sangat kritis. Kami perlu memonitor dan menaksir seperti apa tingkah laku , kebutuhan dan keinginan masyarakat China, agar kami bisa menciptakan produk yang tepat untuk pasar," lanjut Gaowa.

Pasar Kunci

GM menginginkan fasilitas desain kendaraan baru di Shanghai juga bisa membuka akses ke pasar-pasar kunci dunia. Geografis China yang beragam menciptakan kebutuhan mobilitas yang berbeda antara satu daerah dengan lainnya. "Sangat logis berfikir penemuan di sini bisa cocok dengan daerah lain yang punya karakteristik dan perilaku sama," tukas Gaowa.

Saat ini, karya desainer di studio desain GM Shanghai-SAIC Pan Asia Technical Automotive Center yang sudah beroperasi duluan, sudah diaplikasi pada interior Buick LaCrosse yang diproduksi baik di China dan Amerika Serikat. Di Korea Selatan, produk ini dipasarkan menggunakan nama Alpheon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com