Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oi, Nano Akhirnya Di-"Recall"

Kompas.com - 27/12/2011, 08:34 WIB

DELHI, KOMPAS.com - Setelah diberitakan beberapa unit mobil terbakar, Tata Motors akhirnya melakukan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap 1,45 laks atau 145.000 unit Nano di India. Tapi perlu dicatat, "recall" kali ini tak ada hubungannya dengan kebakaran tersebut!  Penyebabnya, motor starter.

Beberapa pemilik Nano  mengalami kesulitan menghidupkan mesin Nano  kendati kunci kontak sudah diputar pada posisi "ignition".  Permasalahan ini semula ditemukan pada Nano facelift yang baru saja  diluncurkan.  Tata Motors memutuskan untuk  me-"recall".

Tata Motors menghubungi seluruh konsumen untuk memeriksakan kendaraannya ke bengkel resmi. Semua perbaikan dan penggantian komponen  gratis. Kompensasinya,  Tata harus merogoh kocek sekitar 110 Crore atau Rp18,8 miliar.

Ini merupakan recall perdana yang dilakukan Nano, setelah November 2010 diisukan melakukan kampanye serupa karena beberapa mobil terbakar (Agustus 2010). Kala itu, Tata Motors berhasil membuktikan kejadian itu bukan kesalahan pabrik dan penyangkalan recall bisa diterima publik. Namun kali ini, Tata Motors tak bisa lagi berkelit!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com