Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menghabiskan Biaya Rp 300 juta, Proses Kerja 3 Bulan (2)

Kompas.com - 12/12/2011, 17:35 WIB

Hidraulik
Kecanggihan lain dari Yaris 5-pintu  adalah ketinggian mobil (ground clearance)  bisa dinaik-turunkan). Menurut Eric, gerakan hidraulik mencapai 15 cm. Dengan cara ini, mobil menjadi tinggi, khusus bila harus melalui jalanan rusak atau banjir. Namun untuk mengubah ketinggian ini - saat diam -  harus dilakukan secara manual. Tombol  pengoperasian ditempatkan  di “glove box’ atau di muka penumpang depan.

Kap mesin juga dibuka secara hidraulik (tinggal pencet tombol). Ruang mesin bukan hanya dihiasi dengan lampu-lampu kecil kebiruan, beberapa komponen dilabur dengan cat warna mencolok. Untuk speaker, menggunakan 4 set Venom yang terdiri dari 2 unit sub-woofer 12 inci

Mesin Supercharger
Mesin  Yaris ini juga dipermak dengan menambahkan supercharger.  Tentang pemilihan supercharger ini, Ericpunya alasan sendiri. “Dengan supercharger, tenaga bawah (putaran rendah) bisa diperoleh. Sedangkan turbocharger tida,” jelasnya. Hasil dari pemasangan supecharger, tenga mesin naik ini, 33PS atau dari 109 PS kini menjadi 142 PS  

Tentang pemilihan Yaris 5-pintu, untuk dimodifikasi Eric hanya berkomentar,” Sesuai dengan model yang dijual di Indonesia. Kalau tiga pintu kan tidak dijual di sini,” jelasnya.

Untuk mendapatkan hasil seperti seperti tersebut, Eric mengaku telah menghabiskan dana Rp 300 juta dengan proses pengerjaan menyita waktu 3 bulan. “Kami mengerjakannya dalam 2 tahap, satu setengah bulan pertama interior, kemudian mendadani eksterior,” jelas Andreas Santosa ahli stiker, partner kerja Eric untuk mendandani mobil ini.

Tentang ide, Eric mengaku memperolehnyasecara kebetulan. “Desain  grafis digambar tidak menggunakan  komputer. Begitu ada inspirasi langsung dituangkan,” tegasnya.

Dengan hasil  tersebut, Eric yang bergerak  dalam bisnis audio mobil dan variasi ini berhak mendapatkan satu unit Yaris dan akan diajak mengunjungi Tokyo Auto Saloon. Di samping itu, sebagai finalis, dipastikan mengantung hadiah Rp 25 juta.

Hadiah paling besar dan jangka panjang, calon konsumen yang ingin memodifikasi mobilnya sudah menunggu!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com