Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Indonesia Impor Ertiga CKD India

Kompas.com - 07/12/2011, 12:03 WIB

DELHI, KOMPAS.com - Suzuki Indonesia siap mengimpor produk terbaru Ertiga secara terurai (completely knocked down/CKD) dari India, setelah peluncuran perdana di Delhi Auto Expo, 5 Januari 2012. Multi purpose vehicle (MPV) 7-penumpang ini akan masuk pasar Indonesia kuartal pertama tahun depan dan menantang dominasi "duet maut" Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.

"Potensi pasar ekspor terbesar CKD adalah kawasan Asia. Maruti akan memposisikan diri sebagai basis produksi terbesar di bawah prinsipal (Suzuki Motor Corporation). Kami melakukan pengiriman Ertiga dan beberapa model lain mulai tahun depan," ujar S Nakanishi, Direktur Pelaksana Maruti Suzuki India seperti dilansir motorbeam (7/12).

Maruti India akan memasok Ertiga dalam dua pilihan mesin, masing-masing berkapasitas 1.4 liter bensin dan 1.3 liter Fiat Multijet diesel  yang dipasok Fiat. Negara pertama yang medapat pasokan Ertiga secara CKD adalah Indonesia baru kemudian Thailand. Dengan mengimpor secara CKD, maka beban pajak bea masuk ke Indonesia bisa lebih ringan di bawah 10 persen ketimbang CBU (completely built up) yang mencapai 26 persen. Sehingga harga bisa lebih kompetitif!

Unit CKD yang dikirim dari pabrik Maruti Suzuki di Manesar, India meliputi berbagai komponen mulai dari mesin, transmisi, tangki bensin, velg, rem, suspensi dan kemudi. Suzuki bertekad ingin memperbesar keberadaannya di kawasan Asia Tenggara dari posisi saat ini hanya 9 persen menuju angka lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com