Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Vietnam Tangkap Pembalap Liar dengan Jala

Kompas.com - 30/11/2011, 11:26 WIB

THANH HOA, KOMPAS.com — Beginilah cara Kepolisian Kota Thanh Hoa, Vietnam, menangkap biker yang ugal-ugalan atau pembalap liar yang sedang beraksi di jalanan. Mereka menggunakan jaring atau jala untuk menjerat pengendara sepeda motor yang ngebut dengan ugal-ugal.

Jaring yang digunakan juga bukan sembarangan. Alat penangkap ikan ini dimodifikasi dengan benang tambahan dan ikatan batu pada ujung-ujungnya. Dengan cara ini, bila biker yang sedang kebut-kebutan melintas dan tak bisa tertangkap dengan jaring, maka batu dilemparkan ke arah ban yang mengakibatkan jaring melilit roda. Akibatnya, biker harus menghentikan sepeda motornya.

Menurut Vietnamnet.vn, tindakan ala film "Batman" ini bukan hanya dilakukan oleh  kepolisian setempat, melainkan juga 150 penjaga malam di seluruh kota Thanh Hoa. Aksi balapan liar yang kerap terjadi di jalan umum dinilai mengganggu dan membahayakan pengguna jalan lain.

Penggunaan jaring ini ternyata mendapat reaksi pro dan kontra dari masyarakat. Mereka yang terganggu oleh ulah biker memberi dukungan. Sebaliknya, tak sedikit pula yang menentang karena menganggapnya terlalu berbahaya.

Menurut catatan pihak berwenang, jumlah korban akibat "senjata" baru kepolisian Vietnam ini terhitung minim. Hanya tercatat beberapa luka ringan karena biker yang terjaring tetap memaksa kabur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com