Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mantapkan Era Injeksi di Indonesia

Kompas.com - 24/11/2011, 10:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Motor, hari ini (23/11), memantapkan era mesin injeksi untuk menurunkan emisi karbon dioksida (CO2) dengan standar Euro3 dari   Euro2.

Johannes loman, Executive Vice Presiden PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan, Honda terus menjadi pionir menawarkan sepeda motor hemat bahan bakar dan ramah lingkungan sejak 1997 dengan keputusan hanya memasarkan mesin 4-tak. Langkah Honda motor bisa disebut sebagai lokomotif menarik merek-merek lain untuk masuk ke era injeksi.

"Salah satu kekurangan teknologi FI adalah keraguan bengkel di lapangan. Tapi, Honda sudah menyiapkan infrastruktur bengkel Honda di seluruh Indonesia," ujar Loman di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta Pusat.

Yusuke Hori, Presiden Direktur AHM melanjutkan, selain kepercayaan yang kurang, harga menjadi faktor utama yang memberatkan pemikiran konsumen. Untuk itu, lanjut Hori, Honda bertekad menawarkan harga yang kompetitif bagi konsumen.

"Saat ini, perbedaan  harga sepeda motor yang menggunakan sistem injeksi dan karburator hanya Rp250.000. Harga ini cukup berat disepakati tadinya," cetus Hori.

Teknologi ramah lingkungan PGM-FI di produk Honda pertama kali digunakan pada CX500 Turbo pada 1981. Teknologi ini berevolusi dan mulai diterapkan pada sepeda motor komuter pertama kali pada 2003. Di Indonesia, teknologi ini mulai diperkenalkan pertama kali pada Honda Supra X 125 Programmed Fuel Injection (PGM-FI ) pada 2005.

Lebih Irit
Dijelaskan, ada tiga keuntungan yang ditawarkan oleh sepeda motor injeksi. Pertama emisi gas buang yang dihasilkan lebih ramah lingkungan, sesuai standar emisi Euro3 pada 2013.

Keuntungan kedua, konsumsi BBM lebih irit hingga 17 persen karena keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi pasokan bahan bakar dan oksigen pada ruang bakar. Terakhir, mesin lebih bertenaga akibat pengaturan kinerja mesin yang sudah terprogram pada setiap putaran mesin. Hasilnya, akselerasi yang lebih responsif pada motor yang menggunakan teknologi PGM-FI.

AHM saat ini memiliki 5 model sepeda motor yang sudah mengimplementasikan teknologi PGM-FI yaitu Honda CBR250R, Honda CBR150R, Honda PCX, Honda Revo AT, dan Honda Supra X 125 PGM-FI.

“Kami mengumumkan akan mengimplementasikan teknologi injeksi atau PGM-Fi system pada semua model Honda sampai akhir 2013,” tutup Yusuke Hori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com