Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mobil Jepang di Thailand Pulih Kembali

Kompas.com - 15/11/2011, 08:46 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Setelah Toyota, Mitsubishi dan Mazda mengumumkan mulai kembali berproduksi pabrik mereka di Thailand, kini giliran Nissan Motor Company. Produsen mobil nomor dua terbesar di Jepang itu menyatakan siap mengaktifkan kembali pabriknya di Samut Prakan, mulai kemarin (14/11).

Dalam situs resminya Nissan mengaku pasokan suku cadang mulai pulih dan produksi sudah bisa dikebut lagi. Thailand menjadi basis produksi mobil kompak global March yang diekspor ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tentunya, Nissan perlu menggenjot produksi karena kehilangan ribuan unit akibat "libur" dua pekan.

Honda Motor Company juga mengumumkan mulai produksi sepeda motor di negeri gajah putih awal pekan ini. Hal ini berbeda dengan pabrik mobilnya yang sampai hari ini belum memperoleh kepastian kapan bisa kembali beroperasi.

Toyota berharap produksi di Thailand sudah normal mulai pekan depan (21/11) dan operasional pabrik diprediksi sudah bisa dimaksimalkan, hampir menyentuh kapasitas produksi dalam pekan yang sama. Pulihnya produksi di Thailand juga berpengaruh positif pada pabrik di Amerika Utara yang mulai kembali normal, kemarin.

Mazda Motor Corporation ikut mengaktifkan lagi pabriknya setelah pasokan komponen normal. Juru bicara Mazda, Kozue Nitta mengatakan, pabrik akan mulai memproduksi kendaraan penumpang, mulai pekan depan. Untuk produksi kendaraan niaganya (pikap) belum ada keputusan dari perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com