Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuka Tabir All-New Avanza-Xenia (Bagian 1)

Kompas.com - 08/11/2011, 07:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Daihatsu akan meluncurkan generasi terbaru mobil paling laris di Indonesia saat ini, yaitu Avanza dan Xenia besok 9 November 2011. Karena desain eksterior dan interior berubah secara total (redesign), namanya pun menjadi All-New Avanza dan All-New Xenia.

Kemarin, saat PT Astra International Tbk (Prijono Sugiarto), Toyota Motor Corp. dan Daihatsu Motor Co. mengumumkan untuk meneruskan kerja sama mereka - juga dihadiri  Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi  Tinggi dari Kementrian Perindustrian,  Budi Darmadi - MPV termurah ini  hanya diperlihatkan kepada wartawan untuk difoto bersama petinggi tersebut. Setelah itu langsung disimpan lagi.   

Kendati demikian, saatpetinggi Astra diwawancari oleh beberapa wartawan televisi, kedua unit mobil dimunculkan lagi sebagai latar belakang. Pada kesempatan itulah, KOMPAS.com  mengamati langsung luar-dalam MPV ini.   

Bocoran
Di lain hal, spesifikasi All-New Avanza melalui brosur  juga sudah bocor.Wiraniaga Toyota juga sudah menjajakannya. Karena itulah, kendati kedua merek meluncurkan secara resmi besok, KOMPAS.com sudah dapat membeberkannya spesifikasi atau detilnya.

Sementara itu, internal kedua perusahaan juga sudah membuka informasi tentang MPV ini  secara parsial. Misalnya, untuk setir, kini digunakan power steering yang digerakkan oleh motor listrik atau EPS (electric power steering). Sedangkan mesin, sistem gerak tidak mengalami perubahan sama sekali.

Khusus untuk All-New Xenia bermesin 1.000 cc, diinformasikankini dilengkapi dengan power steering dan AC. Sedangkan  yamg bermesin 1.300 cc sudah menggunakan AC double blower. Setiap juga menambah, satu varian baru  yang lebih mewah.

Mesin
Kedua merek menawarkan dua varian dengan kapasitas mesin yang berbeda. Xenia tetap dengan mesin 1.000cc dan 1.300cc, sedangkan Avanza pilihannnya adalah 1.300cc dan 1.500 cc. Versi paling top dari Avanza sekarang ini adalah 1.5 Veloz yang ditawarkan dengan transmisi manual dan otomatis, sama dengan yang digunakan sekarang ini.

Karena tidak ada perubahan pada mesin, klaim tenaga mesin tetap sama. Hanya ada sedikit perbedaan pada torsi. Pada Avanza 1.300 cc torsinya kini 11,9 kg-m @4.400 rpm (sebelumnya 12,2 kg-m) pada putaran yang sama. Sedangkan mesin 1.500 cc kini menjadi 13,9 kg-m @4.400 rpm, sebelumnya 14,4 kg-m, pada putaran yang sama.

Dimensi
Berdasarkan brosur yang sudah dibikin oleh Toyota, untuk dimensi terjadi perubahan. All-New Avaza-Xenia lebih besar, termasuk jarak sumbu roda. Alhasil, interiornya menjadi lebih lega. Perubahan cukup mencolok adalah jarak pijak roda depan dan belakang, bertambah 20 mm. Tampaknya ditujukan untuk menghasilkan stabilitas.

Transmisi
Tidak ada perubahan pada transmisi, baik manual mau pun otomatik. Begitu juga dengan perbandingan gigi, mulai dari satu, mundur dan gigi akhir (final). Tenaga dari transmisi dipindahkan melalui as kopel (propeller shaft) ke gardan dan roda belakang. Tepatnya. All-New Avanza Xenia masih tetap mempertahankan gerak roda belakang. Bersambung

Perbandingan Gigi Transmsisi dan Final

Gigi
Manual
Matik
1
3,769
2,731
2
2,045
1,526
3
1,376
1,000
4
1,000
-
5
0,838
2,290
Mundur
4,128
5,571

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com