Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All New Avanza-Xenia Habiskan Rp 900 Miliar

Kompas.com - 07/11/2011, 17:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Investasi baru yang harus ditanamkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) untuk melahirkan generasi kedua All-New Avanza-Xenia menghabiskan investasi Rp 900 miliar. Dana itu digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan kerja baru untuk merakit kedua model tersebut.

Hal tersebut disampaikan oleh Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM), di sela pengumuman kelanjutan kerja sama Toyota-Daihatsu-Astra dalam memproduksi Avanza-Xenia di Jakarta hari ini. Perkiraan tersebut sesuai dengan yang dikemukakan oleh Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, kepada Kompas.com, yaitu Rp 200-Rp 900 miliar.

Ditambahkan, kedua MPV tersebut berhasil menjadi model terlaris di Indonesia dengan rata-rata penjualan 20.000 unit per bulan. Untuk generasi baru, target penjualannya dinaikkan menjadi 24.000 unit per bulan. ADM ditunjuk sebagai penanggung jawab produksi kedua model melalui pabriknya di Sunter, Jakarta Utara, dengan target produksi 24.00 unit per bulan (dua model).

"Mulai bulan ini kapasitas produksi Daihatsu sekitar 34.000-35.000 unit. Dari jumlah tersebut, 65 persen adalah Avanza-Xenia," jelas Sudirman.

Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), melanjutkan, Avanza-Xenia akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui pajak. Untuk itu, Johnny mengharapkan pemerintah agar tak menghambat laju pertumbuhan industri otomotif Indonesia dengan kebijakan-kebijakan yang kontraproduktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com