Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roper Steam Calon Sepeda Motor Termahal di Dunia

Kompas.com - 30/10/2011, 08:34 WIB

LAS VEGAS, KOMPAS.com — Yang namanya barang antik, tak cuma punya nilai seni tinggi. Harganya pun pasti "selangit". Tampaknya sepeda motor Roper Steam Motorcycle produksi 1894 yang disebut-sebut bakal jadi paling mahal di Amerika Serikat (AS), bahkan di dunia. Begitu prediksi rumah lelang Auctions American di Las vegas, Amerika.

Auctions memprediksi sepeda motor bertenaga uap ini bisa menembus rekor sebelumnya yang dipegang Cyclone Board Track Racer OHC produksi 1915 yang dilego sampai 520.000 dollar AS atau Rp 4,5 miliar.

Roper Steam sangat langka karena cuma diproduksi dua unit oleh Sylvester Roper dari Roxbury, Massachusetts. Selain itu, juga bersejarah tinggi karena menjadi salah satu bukti perkembangan industri otomotif di AS pada abad ke-19.

Dalam kondisi normal, sepeda motor ini mampu "ngebut" sampai 40 mph atau 64,3 kph yang dicapai pada Mei 1896. Motor ini menggunakan energi dari batubara untuk memanasi air dan menggerakkan motor uap. Dalam sejarahnya, ia bisa menjelajah sampai 7 mile atau 11,2 km.

Acara lelang akan berlangsung di Hotel dan Casino Rio All-Suite, Las Vegas, Nevada pada 12-14 Januari 2012. Selain lelang, pada acara itu juga dilakukan seminar sepeda motor menghadirkan pembicara ahli seperti Buzz Walneck, penemu Walneck’s Classic Cycle Trader; Doug Mitchell, penulis Motorcylcle, Mark Hoyer, Editor dari majalah Cycle World dan kolektor ternama Joe Bortz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com