Sabtu, 20 Desember 2014

Otomotif


All New Kia Rio Bertransmisi "Triptonic"

Penulis: Agung Kurniawan | Rabu, 26 Oktober 2011 | 14:12 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/AGUNG KURNIAWAN

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Mobil Indonesia (KMI) memilih kawasan Menteng, Jakarta Pusat untuk prosesi peluncuran All New Rio, hari ini (26/10). Indonesia menjadi negara pertama di Asia, di luar Korea Selatan, yang menerima kehadiran hatchback yang akan menggantikan pemasaran New Pride di Indonesia.

All New Rio menawarkan konsep desain baru "tiger nose" yang sudah diaplikasi pada Picanto dan Sportage. Konsep ini terlihat pada bentuk grill, lampu depan dan bemper.

Dimensinya cukup kompak, lebih panjang 20 mm dari pride, tambah lebar 25 mm dan lebih rendah 15 mm dengan sumbu roda 2.570 mm (lebih panjang 70 mm). Overhang (jarak bemper sampai titik tengah ban depan) juga lebih pendek 20 mm mengurangi turbulensi sapuan angin sehingga lebih stabil di jalan.

Di balik bonnet teronggok mesin Gamma 1.4 liter 4-silinder DOHC, CCVT bertenaga 107 PS pada 6.300 rpm dan torsi 13,8 Kg.m @4.200 rpm. Kia membekali Rio dengan sistem transmisi manual 6-percepatan dan otomatis tiptronic. Tapi, Kia Indonesia memperkenalkan teknologi tersebut dengan nama "triptonic".

Fitur baru yang ditawarkan Eco Mode bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang rendah. Kia mengklaim konsumsi bahan bakar mencapai 14-18 km per liter dan melepas karbondioksida 125-167 gram per km.

Desain dashboard dibuat futuristik menampilkan karakter horizontal pada panel instrumen dibalut warna putih gading. Lingkar kemudi bergaya 4-spoke dengan tampilan kluster speedometer dan odometer berbentuk tiga silinder. Pada kluster dilengkapi trip-computer yang menginformasikan berbagai hal seperti jarak tempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar, posisi transmisi dan indikator Eco Mode.

Beberapa fitur lain yang ada pada mobil ini adalah, power steering elektik, airbag tunggal, sensor parkir (belakang), ABS, baterry saver, CD MP3 player, radio, konektor AUX , iPod, Bluteooth dan USB. All New Rio ditawarkan dalam White, Bright Silver, Graphite Grey, Black, Fresh Beige, Signal Red dan Wendy Brown.

"Segmen hatchback merupakan pasar yang besar di Indonesia dan Kia perlu memperkuat segmen ini. Rio juga menutup tiga produk baru yang kami (KMI) luncurkan tahun ini setelah Sportage dan Picanto," ujar Hartanto Sukmono, Direktur Pemasaran KMI di sela peluncuran.

All New Rio manual dibandrol Rp159,9 juta (otr Jakarta) dan matik Rp173,9 juta (otr Jakarta). Pemesanan sudah bisa dilakukan, tapi barang baru tersedia pertengahan November 2011.


Editor : Bastian