Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Sedikit Bocoran Mobil Murah Daihatsu

Kompas.com - 25/10/2011, 06:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pradipto Sugondo, Head Executive Research & Developmet PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai salah satu yang terlibat mendesain low cost and green car, sedikit membocorkan persiapannya. A-Concept, mobil konsep yang nongkrong di booth Daihatsu pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Juli 2011 lalu disebut-sebut menjadi cikal bakalnya.

Persoalan dengan A-Concept, jelas Pradipto, konsumen  menginginkan mobil berdimensi besar (7-penumpang), walaupun dalam kesehariannya ruang yang lega itu jarang digunakan. ADM mau menyadarkan konsumen agar mulai memilih mobil yang lebih hemat bahan bakar, ramah lingkungan dengan harga terjangkau.

"Dari bentuk mobil konsep sampai menjadi produksi massal diperlukan waktu sampai 1,5 tahun. Ini masih dalam proses," jelas Pradipto di Grogol, Jakarta Barat, kemarin (24/10).

Namun, Pradipto mengaku proyek LCGC Daihatsu masih "menggantung" karena sampai kini pemerintah belum mengeluarkan peraturan bakunya, padahal sudah didengungkan sejak dua tahun lalu. "Kalau ketentuannya jelas, baru bisa fitur-fitur apa saja  dibekali untuk memenuhinya," lanjut Pradipto.

Tapi, dari hasil riset dan pengembangan yang dilakukan ADM sudah tahu segmen pasar yang dituju A-Concept nantinya. "Kalau menurut saya, produk ini (LCGC) harus dijual di bawah Rp100 juta per unit, kalau tidak segitu akan sia-sia. Kalau di atasnya (Rp100 juta) sudah ada pilihan lain," tutup Pradipto.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com