Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tutup Tiga Pabrik di Thailand sampai 28 Oktober

Kompas.com - 24/10/2011, 08:32 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Banjir yang berlarut-larut dan menggenangi sepertiga daratan Thiland menyebabkan Toyota harus memutuskan untuk menutup tiga pabrik perakitannya di negara itu, yaitu Samrong, Gateway, dan Ban Pho sampai 28 Oktober mendatang. Keputusan memperpanjang penutupan pabrik diambil pada 22 Oktober dan dirilis langsung oleh Toyota Motor Company (TMC).

Keputusan untuk memperpanjang penutupan pabrik karena pasokan suku cadang terlambat atau tidak ada sama sekali. Pasalnya sentra utama pabrik pembuatan komponen di Rojana Park Industrial Ayutthaya yang terendam banjir belum bisa berproduksi. 

Menurut TMC, mereka akan berusaha memulihkan produksi di Thailand dengan mencari produsen komponen lainnnya di Asia mulai hari ini. Juga dijelaskan, keputusan produksi  setelah 31 Oktober dilakukan setelah melihat perkembangan pada hari ini, Senin (24/10/2011).

Model Toyota yang diimpor dari Thailand dan dijual di Indonesia adalah  Hilux, Yaris, Vios, Corolla Altis, dan Camry.

Sementara itu, Bangkok Post memberitakan, produsen Jepang lain yang juga memutuskan memuntup pabrik di negara tersebut sampai 28 Oktober adalah Nissan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com