Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

elleMMent, Bus Termewah di Dunia (Bagian 1)

Kompas.com - 19/10/2011, 20:13 WIB

WINA, KOMPAS.com – Jika bus ini lewat di depan kita, sosoknya yang unik, pasti akan membuat kita tertegun dan kagum. Desain kaca depan tidak lazim: tinggi dan oval. Bagian bawahnya, seperti bibir yang lagi monyong!  

Kekaguman akan bertambah, bila dibolehkan masuk ke dalamnya. Apalagi bila sang pemilik memperagakan berbagai fasilitas di dalamnya. Karena itu ada menilai, kendaraan yang diberi nama elleMMent ini - dirancang dan dibuat oleh Marchi Mobile GmbH di Wina, Austria - sebagai bus termewah di planet kita ini. 

Biomorphic
Menurut Marchi, bus ini dibuat tidak sekadar menampilkan kemewahannya, juga harus menghadirkan nuansa baru. Karena itulah, bus dirancang dengan unsur biomorphic, menggabungkan karakter desain dan fungsional.

Sebenarnya elleMMent ini dibuat berdasarkan desain Colani pada 2001. Namun versi baru  diperbaiki agar konsumsi bahan bakar lebih irit 20 persen (menekan emisi CO2). Karena itulah unsur aerodinamika menurut Marchi menjadi penting. “Tujuannya untuk memperoleh harmonisasi ekonomi dan ekologi,” tulis Marchi.  

Untuk menggerakkannya, Marchi memasang mesin diesel turbocharger yang menghasilkan tenaga 530 PS. Sedangkan sasis diambil dari truk DAF XF105.

Ihwal menarik lain, dari belakang, bus ini juga enak dilihat. Pasalnya, menggunakan dua lubang ujung knalpot bergaya sport plus difuser dari serat karbon.

Tingkat keamanan interior diklaim jauh lebih baik dibandingkan kendaraan besar lainnya. Pasalnya, inerior dibuat dari bahan campuran plastik serat gelas yang sangat kuat. Di samping itu, posisi tempat duduk lebih tinggi.  

Bus ini ditawarkan dengan tiga pilihan sesuai dengan fungsinya, yaitu eleMMent Palazzo sebagai rumah berjalan (mobile home), elleMMent Viva, (VIP Shuttle) dan elleMMent Visione, kendaraan promosi aau ruang pamer berjalan. Bersambung

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com