Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuih, Prius "Hatchback" Mirip Yaris

Kompas.com - 18/10/2011, 11:14 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Salah satu pembaca carscoop di Jepang dengan nick name i-Ryuji mengirimkan potongan brosur yang memuat gambar Toyota Prius C. Bahkan, kontributor dadakan tersebut mengungkapkan beragam informasi seputar Prius  berpenampilan hatchback ini.

Jika dilihat dari penampilannya, sepintas bagian muka mirip Yaris, sedangkan bagian belakang tetap mempertahankan sedikit khas dari Prius, terutama sektor lampu. Dimensinya, Prius C dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan 1.445 mm dengan jarak sumbu roda 2.550 mm, memang paling mungil dibandingkan saudara-saudaranya yang sudah dipasarkan, tetapi sedikit berbeda dengan dimensi Yaris (P/L/T (mm) : 3.750/1.695/1.520).

Interior tampil lebih trendi dibanding Prius. Perbedaan paling mencolok terdapat pada  center-mounted dasbor, kain pelapis, dan warna trim. Kalau dilihat dari spesifikasi bertuliskan huruf kanji, fiturnya dipersiapkan untuk meladeni Mazda2 13-Skyactive.

Dari brosur tersebut disebutkan spesifikasi mesin 4 silinder segaris, 1.4L dengan tenaga 74 hp dan torsi 111 Nm, keduanya berada di 4.800 rpm. Hasil tersebut berpadu dengan performa dari motor listrik setara dengan 61 hp dan torsi 169 Nm. Distribusi tenaga dipercayakan pada transmisi CVT.

Toyota memberikan estimasi perihal pengujian Prius C yang mencetak konsumsi bahan bakar 35,4 km per liter untuk metode JC08 cycle, sedangkan untuk tipe pengujian 10.15 driving cycle membukukan 40 km per liter.

Prius C JDM ini resmi diluncurkan dalam Tokyo Motor Show pada Desember mendatang. Katanya, untuk pasar domestik Jepang sudah bisa dipesan. Sedangkan untuk konsumsi Amerika akan diresmikan dalam Detroit Motor Show pada Januari tahun depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com