Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Gebrak Pasar India dengan Eon

Kompas.com - 14/10/2011, 07:04 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com -Hyundai Motor Company menabuh genderang perlawanan terhadap dominasi Maruti Suzuki di India. Caranya, dengan meluncurkan mobil murah Eon dengan bandrol mulai dari 269,999 rupee atau Rp48,7 juta, di Mumbai, India, (13/10).

Eon diposisikan berhadapan langsung dengan model terlaris Maruti Suzuki saat ini, Alto yang dijual 235.413 rupee (Rp42,4 juta). "Eon akan membuat Maruti pusing. Saat ini mereka (Maruti) harus mennghadapi buruh pabriknya yang mogok. Eon akan menambah permasalahan baru," komentar Deepesh Rathore, Kepala IHS Automotive di New Delhi, India. 

Arvind Saxena, Direktur Penjualan dan Pemasaran Hyundai India mengatakan, target penjualan Eon 140.000-150.000 per tahun. "Dengan bunga dan harga bensin saat ini, konsumen akan memiih mobil yang lebih kompetitif dan efisien. Eon akan jadi mobil terlaris di masa depan," jelas Saxena.

Alto Xplore
 Untuk membendung ancaman yang disebarkan Hyundai ini, Maruti Suzuki tak berpangku tangan dan segera meluncurkan Alto Xplore, varian terbatas dari Alto. Peluncuran dilakukan pada hari yang sama dengan Eon diluncurkan. Upaya penyegaran dan stimulasi pasar dilakukan Maruti dengan menawarkan paket baru bagi mobil terlarisnya itu. 

Alto Xplore ditawarkan dengan tampilan dan fitur baru termasuk bemper sewarna degan bodi, kaca spion belakang, handel pintu, grafis bodi, spoiler belakang, jok kulit, sistem audio 2-din dengan koneksi Bluetooth dan USB.

Mobil Kecil
Pasar India masih didominasi oleh segmen mobil kecil atau “citycar” dengan pangsa 75 persen dari total penjualan mobil penumpang. Menurut data Society of Indian Automobile Manufacturers (SIAM) periode April-September 2011 (semester pertama tahun fiskal 2011), Maruti masih memimpin dengan pangsa 43 persen, sedangkan Hyundai  20 persen.

Mayank Pareek, Kepala Penjualan Maruti Suzuki mengatakan, "Kami selalu yakin India merupakan pasar mobil kecil terbesar di dunia. Sekarang, prinsipal mulai percaya dan ikut masuk ke segmen ini."

 
Yaresh Kothari, Analis dari Ange Broking Limited di Mumbai menambahkan, peluncuran Eon ke pasar akan memperketat persaingan di segmen mobil kecil. "Hyundai boleh jadi belum semahir Maruti, tapi dipastikan akan  merepotkan," jelas Kothari.

Diuntungkan
Hyundai boleh tersenyum karena berhasil mencuri pangsa pasar dunia dari raksasa seperti Toyota dan Honda. Selain itu penguatan nilai tukar yen dan gempa dan tsunami Jepang pada  lalu, membuat Hyundai makin mendapatkan peluang.  

Hyundai berhasil meningkatkan penjualannya di India 5 persen menjadi 180.616 unit sepanjang semester pertama fiskal 2011 (April-September 2011). Pada kondisi industri rata-rata turun 1,4 persen.  

Gangguan buruh mogok menyebabkan penjualan Maruti turun 12 persen atau tersisa 390.878 unit (April-September 2011).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com