Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CD yang Super-Sangkil

Kompas.com - 07/10/2011, 15:47 WIB

JEPANG, KOMPAS.com - Sangkil adalah kata yang nyaris luput sebagai pengganti kata "efisien". Tak kalah luput pula, barangkali, ketika kita ingin mendefinisikan sepeda motor yang ditampilkan ini. Karena, modelnya hampir menyerupai sepeda yang diberi motor seperti DKW atau Zundapp. Atau sepeda motor walaupun terlampau ceking?

Yang jelas, sepeda motor ini Honda dari keluarga CD dengan mesin berkapasitas 85 cc. Pedal asli sudah tidak ada dan posisinya sudah dimundurkan.

Sesuai penelusuran mengenai Honda CD, tak ada catatan bahwa motor model ini memiliki mesin 85 cc. Si pembuat rupanya hanya meminjam kerangka dari Honda CD dan memasangkan sebuah mesin 85 cc. Ia lantas membubuhkan tulisan "E-Jane" pada batang belakang setangnya merujuk sebagai nama panggil sepeda motor berkelir merah hati tersebut.

Ruang mesin nyaris lowong. Hanya terdapat mesin kecil yang menggantung dengan beberapa kabel terpasang sesuai penempatan dan fungsinya, seperti kabel rem dan meter.

Enggan memanfaatkan semacam tangki di belakang setang, si pembuat malah memasangkan pengukur meter. Sementara itu, tangki bahan bakar justru ditempatkan di belakang sadel kulit yang besar mirip jok sepeda onthel. Lalu dengan "nakalnya", ada lampu rem kecil dipasang di atas tangki tersebut.

Sepakbor dibuat tinggi seolah-olah motor trail yang akan berjingkrak melewati genangan. Alih-alih, itu hanya menguatkan kesannya yang nyentrik.

Sebagian dari badan motor dikrom, dan hanya itulah warna yang ada selain hitam di ban dan sadel, atau merah yang membalut batang "T-bone" motor tersebut. Si pembuatnya ternyata sudah pasang harga harga 493.500 yen (Rp 56 juta) untuk sang E-Jane. Angka yang layak dikritik "kemahalan" karena harga bahannya yang bisa dikira-kira tak segitunya. Namun, itu bukanlah harga untuk sepeda motor, melainkan harga untuk sebuah imajinasi. (Dimas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com