Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Produsen Mobil Pertama Menggunakan Baja 1800 MPa

Kompas.com - 04/10/2011, 16:06 WIB

HIROSHIMA, KOMPAS.com - Mazda Motor Corporation (MMC) mengaku akan menjadi produsen mobil pertama di dunia menggunakan baja ultra-tegangan tinggi. Baja tersebut diperoleh hasil kerjasama dengan Sumitomo Metal Industries, Ltd dan Aisin Takaoka Co.,Ltd. Tegangan baja tersebut mencapai 1.800 Mpa atau 1800 bar. Baja super kuat tersebut akan digunakan pertama kali pada SUV All-New Mazda CX-5 yang akan dipasarkan secara global awal tahun depan.

Lebih Ringan dan Kuat
Baja superkuat tersebut digunakan sebagai landasan atau tempat pemasangan bemper. Baja ini berada bagian dalam bemper depan dan belakang. Fungsinya mengurangi kerusakan bila terjadi tabrakan. Mazda mengklaim, tempat pemasangan bemper ini 20 persen lebih kuat dan 4,8 lebih ringan dibandingan versi sebelumnya.

Ditambahkan baja ini akan menjadi kunci utama untuk memperoleh bodi kendaraan yang makin kokoh namun ringan. Pasalnya, Mazda akan menggunakan baja ini pada produk generasi mendatang. Pengembangan struktur bodi yang merupakan bagian dari teknologi SKYACTIVE bertujuan untuk membuat mobil semakin ringan. Tujuan akhirnya adalah efisiensi penggunaan energi.

Penggunaan baja tegangan tinggi memungkinan komponen kendaraan dibuat lebih tipis namun kekuatannya tetap dapat dipertahankan. Pastinya bobot juga akan berkurang.  Faktor tidak hanya berhubungan dengan masalah energi, juga stabilitas dan kegesitan mobil.

Pasalnya, landasaran bemper berada pada bagian paling jauh (paling depan dan belakang) dari struktur bodi mobil. Hal ini sangat menentukan titik berat atau pusat gravitasi mobil. Di lain, baja yang kuat akan melindungi pengemudi dan penumpang mobil bila terjadi tabrakan. Karena itu, Mazda menilai sangat penting mengguanakn baja yang lebih kuat.

Kendati demikian, karena sifat lenturnya kurang – daya serap energi juga rendah – kurang bagus untuk menyerap energi bila terjadi tabrakan. Untuk mengatasi hal ini, Mazda mengaku sedang meriset landasan bemper yang bisa berubah bentuk bila bertabrakan. Selanjutnya, untuk memperoleh bemper yang cukup kuat pada CX-5, Mazda bekerjasama Futaba Kogyo Co. Ltd mengoptimalkan teknik mengelas dan proses pembuatannya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com