Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ku:rin, Mobil Pemecah Rekor Bertenaga Udara dari Toyota

Kompas.com - 26/09/2011, 16:17 WIB

TOKYO, KOMPAS.com Anggota dari The Dream Car Factories di Toyota Industries Corp berhasil mengembangkan mobil dengan mesin menggunakan udara yang dikompresi atau dimampatkan. Kecepatan mobil bertenaga udara yang disebut "Ku:rin" tersebut mencapai 129,2 km/jam pada trek tes di Japan Automobile Research Institute (JARI) di Prefektur Ibaraki, Jepang, pada 9 September lalu.

Toyota berencana menggunakan Guinnes World Record untuk mencatatkan mobil ini sebagai yang tercepat di dunia dengan mesin bertenaga udara yang dimampatkan.

Toyota Industries sudah mengembangkan The Dream Car Factory sejak Desember 2006  dengan target melatih para insinyur muda untuk mengembangkan produk secara bebas. Anggotanya adalah sukarelewan yang melakukan aktivitas setelah bekerja. Empat puluh insinyur muda dari berbagai divisi dan bidang keahlian merencanakan dan membuat mobil dengan konsep total baru yang dikembangkan dengan tema "dream car" atau mobil impian.

Prinsip mesin udara yang dikompres sama dengan motor udara yang digunakan pada kunci tumbuk (impact wrench). Udara yang dikompresi dikirim ke lubang pembuangan mesin dengan struktur yang sama, seperti kompresi untuk memutar sebuah sumbu.

Toyota Industries memproduksi 20 juta kompresor AC mobil per tahun. Kompresor tersebutlah yang digunakan untuk memampatkan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com