Kamis, 28 Agustus 2014

Otomotif


Tata Nano Masuk Indonesia Tahun Depan

Penulis: Agung Kurniawan | Kamis, 15 September 2011 | 14:32 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : Tata Motors

Tata andalkan dua model Nano dan Ace di Indonesia

MUMBAI, KOMPAS.com - Tata Motors mengatakan siap masuk ke pasar Indonesia mulai tahun depan mengandalkan mobil murah Nano dan kendaraan komersial ringan Ace. Saat ini perusahaan tengah mempersiapkan fasilitas perakitan lokal untuk meningkatkan daya saing unit di pasar domestik.

Saat terwujud, Tata menjadi merek pertama India yang memasarkan produknya ke Indonesia, sebelumnya ada produsen lain - Mahindra - yang mau masuk tapi tak kunjung terwujud. "Kami tengah mempersiapkan fasilitas perakitan di Asia Tenggara (Indonesia) dan beberapa negara di Eropa Timur. Kami berusaha memperbesar gebrakan Nano dan Ace," ujar Ratan Tata, seperti dilansir burnyourfuel.com, Rabu (14/9/2011).

Mantan  Managing Director Tata Motors Carl-Peter Forster pernah mengatakan soal Nano masuk ke Indonesia,  "Sepertinya mulai tahun depan (2012)."  Belum ada keterangan berapa bandrol Nano atau Ace di Indonesia, sedang di India harganya mulai dari Rp24,6 juta per unit.

Upaya perusahaan memperluas kinerja ekspor - sebelumnya sudah dilakukan ke Nepal dan Sri Lanka semester pertama tahun ini  -  karena penjualan pasar domestik belum juga capai target 250.000 unit per tahun. Tapi, sejak resmi dipasarkan 2009, Nano baru berhasil terlego 100.000 unit.

Kalau jadi masuk tahun depan, konsumen Indonesia bakal disuguhkan variasi model kendaraan yang makin beragam. Sempat dicap sebagai mobil dengan harga termurah di dunia, Tata Nano bakal menyasar ke segmen konsumen menengah, keluarga kecil yang mau punya mobil pertama (first time buyer).


Editor : Bastian