Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Renault Siap Luncurkan Modus di India

Kompas.com - 12/09/2011, 18:59 WIB

DELHI, KOMPAS.com - Ketika Renault memutuskan untuk masuk ke India, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Tak cuma soal harga, tapi juga model dan  mesin. Akhirnya, produsen mobil Perancis itu memilih Modus untuk dipasarkan di negeri sari yang peluncurannya dilakukan di ajang Auto Expo, New Delhi, Januari 2012.

Selain Modus, Renault juga punya varian lain, yakni Modus Grand (tapi tidak ikut dipasarkan). Modus yang masuk kategori hatchback mempunyai dimensi panjang 3.873 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.586 mm, dan jarak sumbu roda 2.482 mm. Sedangkan Modus Grand punya bodi lebih panjang mencapai 4.034 mm.

Modus diproduksi dari paltform V milik Nissan yang digunakan pada Micra dan juga Renault Clio. Mesin dipasang berkapasitas 1.5 liter diesel common rail injection, tapi Renault juga menyiapkan mesin bensin 1.198cc seperti pada Micra.

Renault berencana merakit Modus di Chennai (India) dan berusaha memaksimalkan tingkat kandungan lokal guna menekan harga jual. Estimasi harga yang ditawarkan mulai 4,5 lakhs (Rp81,9 juta) sampai yang termahal 6,5 lakhs (Rp118,4 juta) per unit.

Di Perancis, Modus dilengkapi fitur keamanan seperti  kantung udara di 6 titik, rem ABS, sampai  remote keyless entry. Tapi untuk pasar India, ada fitur-fitur yang dikurangi agar harga kompetitif. Renault Modus bakal bersaing dengan model lain seperti Suzuki Ritz, Hyundai i10 dan Honda Jazz.

Kabar terbarunya, Renault juga lagi menyiapkan model baru untuk Indonesia. Apakah Modus salah satu model yang jadi kandidat?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com