Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Tahun Depan, Toyota dan Daihatsu Mulai Produksi Mobil Murah

Kompas.com - 12/09/2011, 06:51 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com — Kolaborasi Toyota-Daihatsu di Indonesia terus berkembang dalam memproduksi mobil. Pada akhir tahun depan (2012) melalui pabrik Daihatsu terbaru di Karawang, Jawa Barat, akan diproduksi model baru 50.000 unit per tahun (mulai 2013).

Menurut Just –Auto, mobil  yang diproduksi tersebut dibuat dari platform Etios di India (spesifiknya bisa jadi hatback Etios Liva yang dikategorikan sebagai kendaraan penumpang 2-bok). Harganya diperkirakan 10.000–11.000 dollar AS atau sekitar Rp 85,3–Rp 93,8 juta. Dijelaskan pula, 70 persen dari produksi pabrik ini akan diserap oleh Toyota. 

Rencana  ini pernah dikemukakan oleh salah satu direksi Toyota di Indonesia. Dikatakan,  Daihatsu akan mengisi segmen mobil murah, sedangkan Toyota menyebutnya mobil ramah lingkungan.

Kalau memang strategi ini yang dijalankan Toyota bersama Daihatsu, diperkirakan terjadi perubahan peta industri dan bisnis permobilan di Indonesia, terutama di segmen mobil kecil atau city car. Selama in  kombinasi Toyota-Daihatsu telah mewarnai industri dan bisnis permobilan Indonesia melalui Avanza-Xenia dan Rush-Terios.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com