Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal Produksi Makanan Dipalsukan

Kompas.com - 20/08/2011, 06:45 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Seribu satu cara dilakukan produsen untuk meraup keuntungan meski harus merugikan konsumen. Di China, sebuah pabrik terbukti memalsukan tanggal produksi makanan yang dibuatnya agar terlihat lebih segar dibandingkan dengan kenyataannya.

Kejadian ini merupakan skandal terbaru soal kesehatan dan keamanan makanan China. Douqule Food Factory menggunakan zat kimia untuk menghapus tanggal produksi yang sebelumnya telah dicetak. Tanggal produksi digeser beberapa hari kemudian dari tanggal sebenarnya sehingga seolah-olah makanan tersebut lebih segar.

Otoritas setempat menemukan kecurangan tersebut setelah dua pegawai perempuan perusahaan itu mengalami kecelakaan. Tangan kedua pegawai itu terbakar ketika menggunakan thinner cat untuk mengubah tanggal yang tercetak di kemasan. Mereka lalu menuntut perusahaan memberikan kompensasi atas kejadian tersebut.

”Banyak orang dari perusahaan besar hingga pedagang kecil yang paham bahwa tanggal produksi dapat diganti dengan cara seperti itu,” ujar seorang produsen kemasan dari Beijing. Belakangan, China terdera banyak masalah soal keamanan makanan, seperti susu tercemar. Maunya untung terus sih.... (AFP/Joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com