Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki R3 dan Splash Matik Masuk Tahun Depan

Kompas.com - 25/07/2011, 06:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Suzuki siap meramaikan pasar low-MPV di Indonesia tahun depan. Di antaranya, varian baru dari Suzuki Splash.

Managing Officer Executive General Manager Global Marketing Suzuki Kenichi Ayukawa mengatakan kepada Kompas.com saat pembukaan IIMS bahwa Suzuki akan segera memasarkan varian yang dikenal dengan nama Suzuki R3 di Indonesia, tahun depan.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho masih enggan mengungkapkan terlalu jauh soal Suzuki R3 ke Indonesia. Namun, ia memastikan bahwa mobil ini akan masuk pada awal semester-1 tahun depan. "(Mobil) akan diproduksi di Indonesia, jadi completely knocked down (CKD)," katanya.

Endro melanjutkan, sebagai agen pemegang merek (APM), Suzuki selalu memperhitungkan besarnya pasar jika hendak memasukkan produk ke suatu negara. Jika potensi pasar dinilai cukup baik, maka Suzuki tak ragu lagi. Terlebih lagi, low-MPV memiliki kontribusi yang cukup besar pada pasar Indonesia, yaitu sekitar 30 persen. Jika saat ini pasar mobil akan mencapai 820.000 unit per tahun dan sebanyak 30 persen adalah low-MPV, maka jumlah model itu dalam sebulan bisa mencapai 25.000 unit.

Soal harga, Endro masih bungkam. Namun, sumber dari dalam Suzuki yang tak mau disebutkan namanya saat jumpa dengan Kompas.com di IIMS memberi ancar-ancar harga R3. Katanya, harganya di antara harga varian kelas menengah Avanza atau di atas Daihatsu Xenia.

Di samping harga R3, narasumber tersebut juga membocorkan informasi mengenai Suzuki Splash. "Tahun depan akan diluncurkan Splash versi matik. Kemungkinan kuartal ketiga," ujarnya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com