Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Auto GP

Sirkuit Basah, Rio Optimistis

Kompas.com - 16/07/2011, 16:23 WIB

DONINGTON, KOMPAS.com — Sirkuit Donington Park, Inggris, basah karena hujan yang mengguyur sejak Sabtu (16/7/2011) pagi waktu setempat. Sesaat lagi, pukul 10.45 atau 16.45 WIB, pebalap Indonesia, Rio Haryanto, akan berlaga dalam lomba balap Auto GP.

Wartawan Kompas, Andy Riza Hidayat, dari Donington, Sabtu petang WIB, melaporkan, meski start di urutan ke-15, Rio optimistis dapat finis pada urutan 10 besar. Hal ini beralasan sebab dia telah melakukannya pada ajang balap di Sirkuit Silverstone pekan lalu saat mengikuti lomba balap Seri GP3.

"Cuaca basah, saya harap balapan semakin kompetitif. Rio biasanya dapat posisi bagus di sirkuit basah," kata manajer Rio, Piers Hannisett, sebelum lomba berlangsung.

Keyakinan yang sama disampaikan Rio. Pemuda berusia 18 tahun ini yakin dapat melewati pebalap lain seperti yang dilakukannya di Silverstone.

Pada Jumat sore atau Jumat malam WIB, Rio menabrak pembatas jalan saat babak kualifikasi. Hal itu membuat dia hanya mampu menghabiskan dua lap. Akibatnya, catatan waktunya tidak maksimal. Sementara pebalap lain leluasa melintasi lap untuk mendapatkan waktu terbaik.

Sebagaimana pengamatan Kompas, hujan mengguyur di area Sirkuit Donington Park. Menurut perkiraan cuaca yang disampaikan BBC TV, sebagian besar wilayah Inggris diguyur hujan.

Hujan yang mengguyur sirkuit mengganggu jarak tim Dams–tim asal Perancis tempat Rio bergabung–harus mengatur strategi agar mendapatkan posisi terbaik.

Balapan Auto GP merupakan salah satu agenda balap FIA (Federasi Otomobil Internasional) yang menggunakan mobil berkapasitas 3.400 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com