Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BALAP MOBIL

Rio Haryanto Tampil Percaya Diri

Kompas.com - 16/07/2011, 04:39 WIB

Donington, Kompas - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, tampil percaya diri pada sesi latihan Auto GP. Dari dua kali sesi latihan yang digelar di Sirkuit Donington, Inggris, Jumat (15/7), Rio membuat catatan waktu tercepat ke-9 dan ke-11 dari 15 pebalap yang ambil bagian.

Dilihat dari posisi pebalap, hasil ini memang belum cukup memuaskan. Namun, dari sisi penampilan, Rio terlihat cukup percaya diri dalam dua sesi latihan itu. Posisinya di sesi kedua keluar dari 10 besar pebalap karena Rio tidak mengganti ban baru pada latihan itu.

Pada sesi latihan pertama, pemuda asal Solo ini membuat catatan waktu tercepat 1 menit 18,901 detik. Di sesi kedua, Rio yang membalap dengan bendera tim Dams ini membuat rekor waktu yang lebih cepat, yakni 1 menit 18,653 detik. Namun, Rio tidak berhasil memperbaiki posisi lebih baik dari sesi pertama karena pebalap lainnya juga berhasil memperbaiki catatan waktunya.

Walau demikian, hasil ini sudah menjadi modal yang bagus buat Rio untuk sesi kualifikasi. Sampai berita ini diturunkan, sesi kualifikasi masih berlangsung. ”Yang jelas, saya akan tancap gas dan tidak membuat kesalahan di babak kualifikasi,” kata Rio.

Cuaca di sekitar Sirkuit Donington tampak cerah dengan awan tipis. Faktor cuaca menjadi hal penting bagi tim dan pebalap dalam mengatur strategi.

Sirkuit ini terletak sekitar 150 kilometer utara London. Sirkuit yang dibuka tahun 1930-an ini merupakan salah satu yang terbaik di Inggris. ”Semoga pada babak kualifikasi dia dapat mencapai hasil maksimal,” kata manajer Rio Haryanto, Piers Hunnisett, kepada wartawan Kompas Andy Riza Hidayat di Donington, Inggris.

Dia masih optimistis Rio bisa meraih waktu terbaik pada babak kualifikasi. Menurut Hunnisett, latihan bebas, tidak berpengaruh pada sesi berikutnya. ”Saya tetap yakin Rio dapat menembus lima besar pebalap tercepat,” tutur Hunnisett yang juga mantan pebalap.

Sementara itu, tim Lazarus mendominasi dalam dua sesi latihan kemarin. Dua pebalapnya bergantian memimpin catatan waktu tercepat. Pada sesi pertama, Fabrizio Crestani yang tampil paling cepat dengan torehan waktu 1 menit 17,841 detik. Pada sesi kedua giliran rekan setimnya, Fabio Onidi, dengan catatan waktu 1 menit 17,206 detik.

Bagi Rio, lomba Auto GP menjadi batu loncatan menuju balapan yang paling bergengsi, yakni Formula 1. Pada lomba Auto GP, Rio saat ini berada di posisi ke-9 dengan nilai 29. Rio menjadi satu-satunya pebalap dari Asia yang bertanding di lomba kali ini. Dari 15 pebalap yang tampil, sembilan di antaranya merupa- kan pebalap Italia. Selebihnya dari Inggris, Spanyol, dan Belanda

Selain tampil di Auto GP, pada musim ini putra dari mantan pebalap nasional, Sinyo Haryanto, ini juga tampil di ajang GP3. Akhir pekan lalu, Rio tampil cukup meyakinkan di balapan GP3 di Sirkuit Silverstone. Dia memberi poin pertamanya untuk tim Marussia Manor Racing dengan finis di peringkat empat. (OTW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com