Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Auto GP

Tabrak Pembatas, Rio Keluar Lintasan

Kompas.com - 16/07/2011, 00:35 WIB

DONINGTON, KOMPAS.com Babak kualifikasi balap Auto GP di Sirkuit Donington, Inggris, baru berakhir, Jumat (15/7/2011) pukul 17.10 waktu setempat (pukul 23.10 WIB). Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, mengalami insiden pada mobilnya sehingga hanya mampu menyelesaikan dua lap. Padahal, babak ini menentukan posisi start peserta pada Race 1, Sabtu (16/7/2011).

Wartawan Kompas.com, Andy Riza Hidayat, dari Donington, Inggris, Jumat tengah malam WIB, melaporkan, saat awal balapan babak kualifikasi, 15 peserta langsung tancap gas. Desing mesin balap meraung ke penjuru sirkuit. Rio berusaha meraih waktu terbaik di antara pebalap Eropa. Namun, insiden menimpa Rio setelah melewati dua lap. Mobilnya terhenti di pinggir sirkuit dan tidak dapat melanjutkan perjalanan.

Indah Pennywati (49), ibu Rio, terlihat gelisah setelah lap kedua berlangsung. Rio tidak tampak di lintasan dalam waktu dua menit. Waktu ini di luar batas kewajaran karena rata-rata pebalap menghabiskan waktu kurang dari dua menit per lap.

"Pasti ada apa-apa dengan Rio. Dia belum kelihatan," tutur Indah saat menonton langsung di pinggir Sirkuit Donington, Jumat sore.

Dari tribun utama, mobil Rio terlihat berhenti di pinggir sirkuit, tepatnya di Tikungan Starkeys Bridge. Rio dan mobilnya hanya berdiam selama babak kualifikasi berlangsung. Sementara catatan terbaik, ketika sempat melintasi dua lap, adalah menit detik.

Piers Hunnisett, Manajer Rio, mengatakan, ada gangguan pada ban di lap-lap awal. Ban mobil yang dipakai Rio adalah ban baru. Setelah melewati dua lap, Rio menabrak kerb (pembatas jalan yang ada di sirkuit balap).

Piers menduga Rio kehilangan kendali karena belum dapat menyesuaikan dengan ban baru. "Sekarang masih dalam pencarian dengan tim Dams," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com