Minggu, 31 Agustus 2014

Otomotif


Toyota Liva Mulai Dijual dengan Banderol Rp 76 Juta-Rp 114 Juta

Penulis: | Senin, 27 Juni 2011 | 19:58 WIB
|
Share:
Sumber : - | Author : Toyota Motor Corporation

Etios hatchback yang juga dikenal dengan Etios Liva, dipasarkan di India

TOYOTA CITY, KOMPAS.com  Toyota India atau Toyota Kirloskar Motor Private, Ltd (TKM), hari ini meluncurkan salah satu andalan terbaru Toyota di negara tersebut, Etios Liva. Sebelumnya, Toyota telah meluncurkan Etios sedan menjelang akhir tahun lalu. Namun karena konsumen India lebih menyukai model hatchback, Toyota pun menyusulkan model ini pada Liva. Peluncurannya sendiri sudah terlambat dari rencana awal, yaitu pada April lalu.

Menurut Toyota Motor Corporation (TMC), Etios dikembangkan khusus untuk pasar India. Nantinya model ini juga akan diekspor. Indonesia kemungkinan akan menjadi salah satu target utama Toyota untuk memasarkan Liva dan akan muncul pada Indonesia International Motor Show 2011 bulan depan.

Karena penjualan Liva sudah dimulai, produksi Toyota di India juga akan segera dinaikkan, yaitu dari 150.000 unit menjadi 210.000 unit, dari dua pabriknya di negara tersebut. Kenaikan produksi sudah bisa dicapai pada semester pertama tahun depan.

Untuk ini pula, TKM menambah investasi baru sekitar 4,9 juta yen atau Rp 520 miliar. Dijelaskan pula, kapasitas produksi didongkrak karena permintaan Etios terbilang tinggi.

Toyota Etios Liva termasuk mobil sub-kompak dengan dimensi panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.510 mm. Mesin yang digunakan 1,2 liter dan di India (di Delhi) dibanderol Rp 76 juta-Rp 114 juta. Di Indonesia, nantinya, Liva berada di bawah saudaranya, Yaris, dan akan menjadi kompetitor bagi Nissan March, Chevrolet Spark, Kia Picanto, Hyundai i10, Suzuki Splash, dan juga pendatang baru, Honda Brio, serta produk asal China, seperti Geely Panda dan Chery QQ.

 


Editor : Zulkifli BJ