Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memadukan Gaya dan Kecanggihan Teknologi (Bagian 1)

Kompas.com - 08/06/2011, 14:11 WIB

KOMPAS.com — BMW Indonesia melengkapi jajaran model mobil yang mereka pasarkan di Indonesia. Terakhir, Seri-6, melengkapi kehadiran Seri-1, 3, 5, 7, GT, X, Z, dan M dengan varian masing-masing. Khusus untuk Seri 6, varian yang dipasarkan adalah Convertible 650iC dan 640iC, 2-pintu, dan berkapasitas penumpang 2+2.  

Bukan termahal
Dari kedua varian Seri-6 Convertible tersebut, baru 650iC yang diperkenalkan kepada wartawan. Versi ini lebih mewah dari 640iC. Mesinnya juga lebih besar, 4.385 cc (4,4 liter), sedangkan 640iC menggunakan mesin 2.979 cc atau 3,0 liter. Soal perbedaan harga, 650iC lebih mahal Rp 0,5 miliar.  

Kendati dijual (off the road) Rp 2,098 miliar, 650iC belum termasuk sebagai produk BMW termahal yang dijual di Indonesia. Model BMW termahal saat ini adalah 760Li yang dijual (off the road) Rp 3,348 miliar.

Sampai saat ini baru satu unit 650iC yang dimasukkan ke Indonesia. Konon, itu sudah dipesan oleh tokoh yang memang senang dengan mobil-mobil eksotik!

Kompas.com sempat melihat fisik mobil secara langsung dan setelah diluncurkan serta melihat cara kerja "Parking Assistant", salah satu fitur canggih yang saat ini baru digunakan BMW pada model ini (khusus untuk model yang dipasarkan di Indonesia).

Dengan fitur tersebut, sang pemilik tak perlu capek-capek memarkir mobil hebat ini ketika parkir paralel. Tinggal tekan tombol "Parkir", mobil ini akan mencari ruang parkir yang pas dengan ukuran bodinya, lantas memandu pengemudi untuk parkir. Pengemudi tinggal injak rem, gas, dan arahkan tongkat transmisi! Tangan lepas dari setir! Dalam satu menit, mobil ini akan terparkir dengan mantap tanpa teriakan bantuan juru parkir.

Buka-tutup Atap
Fasilitas yang tak kalah menarik tentu saja atap mobil yang bisa dibuka-tutup. Namun, yang pasti, untuk kondisi Indonesia, fasilitas ini tak bisa digunakan sembarangan. Pasalnya, udara yang kotor dan debu yang sangat banyak membuat interior berlapiskan kulit putih gading (kulit Nappa) akan cepat kotor.

Atap kanvas (softtop) mobil bisa dibuka dan ditutup sembari jalan, yaitu pada kecepatan 40 km/jam. Waktu buka 29 detik dan menutup 39 detik. Sementara itu, BMW mengklaim bahwa waktu buka 19 detik dan menutup 24 detik.  

Mobil ini juga dilengkapi pilihan setelan suspensi, yaitu COMFORT, NORMAL, SPORT dan SPORT+ yang diaktifkan melalui tombol di konsol tengah. Khusus untuk SPORT+, sistem akan mengaktifkan Dynamic Traction Control untuk meningkatkan stabilitas ketika mobil bermanuver.

Selain Parking Assistant, ada juga Park Distance Control yang menggunakan sensor ultrasonik. Gunanya untuk mengukur jarak di depan atau belakangnya. Sebenarnya, fitur ini sudah digunakan BMW pada model lainnya, seperti Seri-5 sedan, X5, dan Seri 7.

Pada Seri 6, kamera belakang berada di dalam logo BMW (pada tutup bagasi). Tutup akan terbuka (kamera nongol) ketika mobil mundur. Dengan cara ini, kamera tidak cepat kotor. (Bersambung)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com