Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Juke Sudah Dipesan 1.000 Unit

Kompas.com - 01/06/2011, 16:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sama seperti ketika Grand Livina hadir di pasar Indonesia pada 2007, yang menjadi fenomena. Tampaknya Nissan Motor Indonesia (NMI) akan mengulanginya kembali, bukan dengan MPV itu, melainkan sama crossover Nissan Juke.

Takayuki Kimura, Presiden Direktur NMI kepada Kompas.com, mengatakan, pesanan sebelum peluncuran yang masuk sudah mencapai 1.000 unit. "Dengan jumlah ini, kita sudah mengantongi hampir dua bulan target penjualan yang ditetapkan 10.000 unit per tahun," ujar Kimura di Jakarta Theater, Jakarta Pusat, Rabu (1/6/2011), yang yakin bisa memenuhi target penjualan tahun ini.

Sementara itu, terkait pemulihan produksi di Indonesia, Kimura memastikan akan terjadi pada Juli 2011. Akhir Juni, tegasnya, komponen yang sempat tersendat pasokannya dari Jepang sudah akan kembali normal lagi sehingga produksi pabrik bisa meningkat lagi ke titik maksimum.

"Dua bulan ini, kapasitas produksi kita terpangkas sampai 50 persen cuma sekitar 2.000 unit, tapi akhir bulan kembali normal dan bulan ketujuh akan menyentuh 5.000 unit," beber Kimura.

Selain itu, lanjut Kimura, penambahan kapasitas produksi yang dilakukan NMI pada akhir 2010 dengan nilai investasi 20 juta dollar AS (Rp 170,8 miliar) sudah mulai efektif pada September 2011 (pasca-Lebaran). Alhasil, produksi pabrik di Cikampek, Jawa Barat, bisa ditingkatkan dua kali lipat.

"Secara kapasitas penuh, pabrik kita punya kapasitas produksi 100.000 unit dari sebelumnya cuma 50.000 unit. Mulai September 2011, produksi bulanan bisa didongkrak jadi 9.000-an unit untuk mengejar inden yang masih menumpuk," beber Kimura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com