Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow! Mobil Bekas Avanza Lebih Tinggi daripada Harga Barunya

Kompas.com - 31/05/2011, 09:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Edan! Setelah mengantongi predikat mobil terlaris di Indonesia dengan total penjualan 597.953 unit sejak pertama diluncurkan tahun 2004 sampai kini, Toyota Avanza berhasil menciptakan rekor baru dengan menyentuh nilai jual tertinggi di pasar mobil bekas. Bahkan, harga bekas multi purpose vehicle (MPV) 7-penumpang ini di atas harga unit baru.

Bayangkan, Avanza bekas keluaran awal tahun 2011 awal berani dibeli dengan harga Rp 500.000 sampai Rp1 juta lebih tinggi daripada harga baru. "Ini benar kejadian di sini (WTC Mangga Dua). Mobil itu (Avanza 2011) dibeli oleh pedagang daerah, dengan pertimbangan mobil masih tahun baru, lagi pula sulit menunggu mobil baru dari dealer," kata Herjanto, Manajer Pemasaran Senior Pusat Jual-Beli Mobil Bekas WTC Mangga Dua, kepada Kompas.com, Senin (30/5/2011) malam.

Di WTC Mangga Dua, lanjut Herjanto, mobil harga Rp 150 jutaan ke bawah naiknya bisa mencapai Rp 5-10 juta, sedangkan yang di atas Rp 200 jutaan sekitar Rp 10-12 jutaan. "Semua mobil bekas itu sekarang seperti kacang goreng, diserbu pedagang daerah yang lagi mempersiapkan stok memasuki musim Lebaran," kata Herjanto.

Beberapa model dengan tahun muda, seperti Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner, dan Kijang Innova, kini banyak diburu konsumen atau pedagang daerah. Bahkan, lanjutnya, mobil yang sebelumnya sulit dipasarkan, seperti Proton, bulan lalu terjual dengan mudah.

Sementara Leovan menambahkan, di Mobil 88 peningkatan harga rata-rata terjadi sekitar 3-7 persen tergantung dari jenis mobil.

Kondisi ini diperkirakan masih terus berlangsung selama pasokan mobil baru belum pulih. Artinya, kalau PT Toyota Astra Motor (TAM) saja baru mengumumkan pulihnya pasokan Juni, kemungkinan besar efektif baru mulai Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com