Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Honda di Amerika Pulih Agustus

Kompas.com - 27/05/2011, 12:50 WIB

DETROIT, KOMPAS.com - Pekan lalu, Diinformasikan bahwa kondisi Honda di Amerika Utara akan pulih Juli, meski belum ada pernyataan resmi. Kemarin (26/5), secara resmi Honda Amerika Utara menyampaikan data kepastian kalau produksi di pabrik mulai pulih Agustus. Berarti, dalam dua bulan ke depan, Honda hanya bisa memanfaatkan 50 persen dari kapasitas produksi yang ada di AS.

Honda, seperti dilansir reuters (26/5/2011), mengatakan, produksi semua model Honda akan mendekati 100 persen normal ketika pasokan komponen dari Jepang sudah mulai lancar. Kecuali, khusus model terbaru Civic 2012 yang diperkirakan butuh waktu pulih lebih lama lantaran produksi di pabrik Greensburg, Indiana dan Alliston, Ontario terganggu akibat beberapa komponen kelistrikan, bahan mentah (resin, karet) dan cat mobil masih terganggu. Diperkirakan normal dipasok musim semi tahun ini.

Juru bicara Honda Ed Miller mengatakan, bencana tsunami di Jepang terjadi tak lama setelah peluncuran Civic 2012 ke pasar AS. "Sangat penting melihat mobil baru kita ini (Civic 2012) merupakan generasi baru sehingga pasokan komponen juga baru semua," ujar Ed.

Selain dua pabrik di atas, sampai kini Honda punya total tujuh pabrik perakitan kendaraan di Amerika Serikat yakni, dua di Ohio, Indiana, Alabama dan Jalisco (Meksiko).

Sayangnya, informasi resmi perbaikan produksi di AS tak diikuti dengan situasi Honda di belahan dunia lainnya, termasuk Indonesia. Berbeda dengan pengumuman Toyota sebelumnya yang berlaku kondisi pemulihan global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com