Jumat, 31 Oktober 2014

Otomotif


Mobil Baru

All New Picanto Ancaman Serius Nissan March

Penulis: Pepih Nugraha | Senin, 23 Mei 2011 | 08:53 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KIA

    KIA All New Picanto

  • Sumber : - | Author : KIA

    KIA All New Picanto

ISTANBUL, KOMPAS.com - All New Picanto, sebuah compact car keluaran terbaru PT KIA Mobil Indonesia, berpeluang menjadi ancaman Nissan March yang kini mulai terlihat di jalan-jalan raya Ibukota. Meski sama-sama memiliki mesin 1.200 cc, All New Picanto memiliki fitur lebih lengkap, termasuk sun roof dan teknologi ramah lingkungan Eco Dynamic.

Selain mengancam Nissan March, sedan yang dimaksudkan sebagai penerus Picanto dan masuk sebagai "city car" ini juga bisa menjadi pesaing potensial Suzuki Splash dan Chevrolet Spark, saat kedatangannya di Indonesia Juli 2011 nanti. Selain memiliki sun roof, All New Picanto juga memiliki tombol start/stop untuk menghidupkan dan/atau mematikan mesin, tanpa harus menggunakan kunci.

Namun menurut Soon-Nam Lee, Direktur Pemasaran Internasional KIA, kelengkapan seperti sun roof dan start/stop button sifatnya optional. "Kita lihat nanti apakah sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia atau tidak. Sebab di negara tropis, sun roof kurang berguna kecuali sebagai gaya semata," katanya di Istanbul, Turki, kepada Kompas.com, Jumat lalu (20/5/2011).

All New Picanto melangsungkan test drive untuk pertama kalinya di Istanbul, Turki. Kompas.com bersama jurnalis dari berbagai negara berkesempatan mencoba dan menguji keandalan All New Picanto baik di jalan tol dengan kecepatan penuh atau macetnya jalanan Istanbul. All New Picanto yang dites, baik matic maupun manual, seluruhnya memiliki varian stir kiri.

Mengusung mesin 1.000 cc tiga silinder dan 1.200 cc 4 silinder yang disebut Kappa, menurut Lee, kedua varian mesin ini bisa dipasarkan di Indonesia. Akan tetapi, mesin diesel yang semula ada, di-drop dari produksi. Selain kenanya menjadi lebih mahal, sedan kecil diesel di Indonesia juga belum umum digunakan. "Kami hanya memasarkan mesin 1.000 dan 1.200 cc di Indonesia dengan varian manual maupun matic," kata Lee.

Menurut Ridjal Mulyadi, Manajer Marketing Communication KIA Mobil Indonesia yang juga ikut serta ke Istanbul, varian yang kemungkinan dipasarkan di Indonesia Juli mendatang adalah All New Picanto 1.200 cc. "Varian mesin ini sangat kompetitif untuk pasar Indonesia," katanya.

Selain desain yang lebih menarik dan revolusioner disbanding Picanto pendahulunya yang sudah ada di Tanah Air, All New Picanto memiliki fitur yang cukup lengkap untuk sebuah city car. Selain sun roof dan start/stop button, juga memiliki auto leveling untuk headlamp, tombol audio di kemudi, foglamp, kontrol kestabilan (electronic stability control), smart key, enam 6 airbag untuk keselamatan, dan climate control untuk mengatur suhu udara secara otomatis saat berkendara.

Sedangkan Eco Dynamic yang menjadi standar mobil Eropa berfungsi untuk mengatur secara otomatis agar mobil menjadi hemat bahan bakar minyak saat dipacu dengan kecepatan tertentu atau saat berhenti karena terjebak kemacetan.


Editor : A. Wisnubrata