Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
GP Perancis

Stoner Sempurna, Rossi Fantastis

Kompas.com - 15/05/2011, 19:43 WIB

LE MANS, KOMPAS.com — Casey Stoner tampil sempurna dan Valentino Rossi fantastis dalam persaingan selama 28 lap di Sirkuit Le Mans, Perancis, Minggu (15/5/11). Stoner, yang tak terkalahkan selama akhir pekan ini dan start dari pole position, menyempurnakan performa impresifnya dengan menjadi juara. Sementara Rossi, yang start dari urutan kesembilan, naik podium nomor 3. Posisi dua ditempati rekan setim Stoner di Repsol Honda, Andrea Dovizioso.

Drama juga terjadi antara Dani Pedrosa dan Marco Simoncelli dalam memperebutkan posisi kedua. Pada lap ke-17, gaya membalap Simoncelli yang terlalu agresif memakan korban karena dia menyenggol Pedrosa saat menikung ke kiri untuk melewati pebalap Repsol Honda tersebut sehingga Pedrosa jatuh dan gagal melanjutkan balapan—bahkan kembali cedera patah tulang selangka. Simoncelli pun akhirnya terkena penalti dan dia tetap tampil menawan sehingga mampu finis di urutan kelima setelah melewati pebalap Yamaha, Ben Spies.

Dalam balapan kali ini, Yamaha yang biasanya merajai Sirkuit Le Mans nyaris tak berkutik. Pebalap andalannya yang juga juara dunia, Jorge Lorenzo, harus puas finis di urutan keempat karena ditaklukkan Rossi dan Dovizioso.

Dengan hasil seri keempat ini, Lorenzo tetap berada di puncak klasemen dengan total 78, diikuti Stoner yang mencatat kemenangan kedua sepanjang 2011—setelah menang di Qatar—dan kini mengumpulkan 66 poin. Juara dunia 2007 ini menggeser Pedrosa yang gagal menuai poin sehingga harus turun ke urutan ketiga karena poinnya tetap 61. Sementara Dovi naik ke urutan keempat setelah mengumpulkan 50 poin, menggeser Rossi yang meraih 47 angka.

Setelah balapan di Le Mans ini, para pebalap akan mempersiapkan diri menghadapi seri kelima di Catalunya, Barcelona, yang akan berlangsung 5 Juni mendatang.

Jalannya balapan

Saat 10 lampu merah padam, Pedrosa yang start dari posisi keempat langsung melejit ke depan untuk memimpin jalannya lomba. Sementara itu, Stoner dan Dovizioso membuntutinya dari belakang. Namun, Simoncelli, yang start dari posisi kedua turun tiga strip ke urutan kelima karena dia juga digeser oleh Lorenzo.

Namun, Simoncelli tak perlu waktu lama untuk kembali ke barisan depan. Menjelang masuk lap kedua, "Super Sic" berhasil melewati Dovi dan dia memulai pertarungan ketat dengan Lorenzo. Sementara di posisi depan terjadi perubahan posisi ketika Stoner melewati Pedrosa di lap kedua.

Rossi pun ikut meramaikan persaingan ketika dia naik ke urutan keenam untuk mengancam Dovi, yang mengalahkannya saat masuk garis finis di Portugal awal bulan ini. Meskipun demikian, Ducati terlihat cukup kesulitan mengimbangi Honda, yang memang sangat impresif sepanjang akhir pekan ini.

Pada lap ketiga, Simoncelli melewati Lorenzo saat menikung ke kanan. Pebalap berambut jabrik ini memanfaatkan keuntungan karena Lorenzo sedikit menginjak garis putih ketika mengambil ancang-ancang untuk menikung. Dia langsung mengambil dari sisi dalam dan membuat "musuh"nya—Simoncelli dan Lorenzo, terlibat permusuhan setelah Lorenzo mengecam gaya membalap Simoncelli yang dinilai terlalu agresif dan berbahaya—tersebut terpaksa harus sedikit melebar dan rela turun satu strip.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com