Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Honda Motor Hijaukan Gunung Kidul

Kompas.com - 12/05/2011, 18:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Yayasan Astra Honda Motor (AHM) bersama Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul melalukan program penghijauan dengan menanam 6.000 pohon, terdiri atas 3.800 pohon jati, 1.000 akasia, 400 mangga, 300 rambutan, 420 petai, serta 280 pohon alpukat dan melinjo di atas tanah seluas 19 hektar di area perbukitan di Desa Pucang Anom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (10/5/2011). Penanaman ini bukan yang pertama dan sudah dilakukan pada Februari lalu bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Gunung Kidul dan Main Dealer Honda Wilayah Yogyakarta, PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (AI-HSO) Yogyakarta.

"Kami memiliki komitmen dan kepedulian terhadap masalah-masalah lingkungan, seperti yang kami lakukan kali ini melalui program penghijaun di Kabupaten Gunung Kidul," ujar Wakil Ketua Yayasan AHM Kristanto di sela-sela acara penanaman pohon secara simbolis di Kecamatan Rongkop, Gunung Kidul. Acara dihadiri Bupati Gunung Kidul Hj Badingah, S.Sos.

Kristanto menyatakan, penanaman pohon merupakan salah satu upaya Yayasan AHM untuk mengajak masyarakat di Gunung Kidul dan sekitarnya merevitalisasi tanah kritis sehingga menjadi tanah produktif. Melalui program ini, Yayasan AHM berharap tidak hanya dapat memberikan dampak penghijauan saja, tetapi juga kontribusi secara ekonomi kepada masyarakat di sekitar dalam jangka panjang.

"Kami berharap program ini juga dapat mendorong kelompok masyarakat tani untuk lebih aktif membangun budaya peduli lingkungan. Karena itu, pemeliharaan jenis-jenis pohon yang ditanam harus dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Pemberdayaan masyarakat seperti ini kami harapkan dapat membuat masyarakat lebih produktif,” ujar Kristanto.

Bupati Gunung Kidul Hj Badingah berterima kasih kepada Yayasan AHM yang turut membantu program penghijauan. "Kami menyadari bahwa Gunung Kidul adalah daerah yang tandus. Namun, dengan upaya terus-menerus dan konsiten dalam bidang penghijauan, insya Allah Gunung Kidul dapat kita hijaukan kembali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com