Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Tank Menghentak Pesta Salju

Kompas.com - 06/05/2011, 14:47 WIB

AUSTRIA, KOMPAS.com - Suara dentuman drum yang beralur dan konstan terdengar dari tepi sebuah lereng salju di Austria. Itu bukan gema dari sebuah klub di arena ski, melainkan seorang DJ yang sedang beraksi di atas sebuah VW beroda tank. Ada pesta apa, itu bukan soal. Namun konsep VW itulah yang menarik.

Sebuah VW bus berkelir kuning dan abu-abu dengan grafis komik tersebut dimiliki oleh Automobile, Motorcycle, and Touring Club (ÖAMTC), sebuah lembaga pemerhati berkendaraan dari Austria. Basisnya adalah VW Samba Type 2 (T1) atau Transporter produksi 1960-an yang bodinya dipinjam dan ditempelkan ke sebuah snowcat (semacam truk salju). Agar pas, rongga roda depan dipapas habis hingga rongga roda belakang untuk menyematkan roda-roda dengan rel tank tersebut.

Bagaimana menyetirnya? Bagi pengendara truk salju, itu sudah biasa. Roda tank tidak disetir seperti halnya mobil konvensional menggunakan lingkaran kemudi. Setirnya adalah tuas-tuas yang memungkinkan kendaraan berbelok dengan menghentikan roda-roda di rel kiri lalu melajukan roda-roda di rel kanan untuk berbelok ke kiri. Begitu pula sebaliknya jika ingin belok kanan.

Soal meja DJ, ini dia yang menarik. Samba dengan karoseri mobil rumah, biasanya memang memiliki rongga tepat di bagian atas tengah. Pada VW tank ini, bagian itu dipasangi tiang-tiang hidraulis di empat titik sehingga bisa turun-naik menjadi semacam tenda bagi booth DJ. Sebuah atap tambahan dibuat dengan ukuran yang sama dengan atap dasar secara keseluruhan. Jadi, saat dipakai, atap itu akan naik, dan seorang DJ akan leluasa memainkan kepingan CD dan tuas-tuas mixer.

Aksesori lainnya adalah lampu sirine di ujung "jidat" Samba dan di buritan serta lampu kabut di depan untuk mengantisipasi badai. Lampu-lampu kapsul tadi pun bisa dinyalakan saat pesta dimulai.

VW Samba tank ini sedianya dibuat oleh ÖAMTC untuk kampanye berkendara kepada anak-anak muda. Austria disebut ketat dalam hal tersebut. Maka dari itu, mereka menarik perhatian dan mengedukasi para remaja di negara ini dengan musik, dunia pop, dan kendaraan unik dalam satu paket berupa VW Samba tank ber-DJ. Ini ide keren yang serius. (Dimas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com