Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM "Recall" Chevrolet Cruze

Kompas.com - 05/05/2011, 13:22 WIB

DETROIT, KOMPAS.com — General Motors Company menarik 154.000 Chevrolet Cruze di Amerika Serikat karena gangguan pada steering shaft. Dari jumlah itu, 120.000 unit dibekali transmisi otomatis dan juga harus diperiksa.   Dicurigai, ada masalah pada transmission shift linkage.

Seperti dilansir New York Times, hari ini (5/5/2011), Alan Adler selaku juru bicara GM mengatakan bahwa terdapat laporan dari salah satu konsumen mengenai kelainan pada setir. Ketika kemudi diputar saat hendak parkir, posisi roda tidak sesuai arah kemudi (tidak bergerak).

GM memastikan tak ada kecelakaan terkait masalah ini. "Saya rasa ini kasus per kasus, bukan sesuatu yang general. Cuma, supaya lebih aman, GM memutuskan recall terhadap Cruze," ungkap Adler.

Adapun mengenai masalah pada transmisi otomatis, laporan menunjukkan bahwa saat tuas transmisi dipindah ke posisi parkir "P", mobil tetap bisa berjalan. Jika tak menarik rem tangan, maka mobil bisa berjalan sendiri. Hal ini berpotensi kecelakaan.

Semua mobil yang kena recall diproduksi di Lordstown, Ohio, serta dipasarkan di seluruh AS dan Kanada. Ironinya, jumlah Cruze yang terkena recall sama dengan populasinya sejak mobil itu diproduksi pada September 2010. Artinya, semua unit Cruze di AS saat ini dicurigai "bermasalah".

"Meski pemeriksaan dilakukan terhadap semua unit, jumlah masalah yang ditemukan sedikit. GM memastikan bahwa hal serupa tak akan terjadi lagi pada masa mendatang," tambah Terry Woycohwski, Head of Global Quality GM, seperti dilansir Reuters, hari ini.

April 2011, GM juga melakukan hal serupa terhadap 2.100 Cruze untuk memeriksa pemasangan lingkar kemudi (setir) yang sesuai. GM menaruh perhatian khusus terhadap Cruze karena merupakan salah satu model terlaris GM. Kelebihan dari mobil tersebut adalah konsumsi bahan bakar yang lebih hemat. Hal ini tentu menjadi faktor penting jika melihat kondisi harga minyak dunia yang terus terkerek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com