Jumat, 22 Agustus 2014

Otomotif


Mitsubishi Luncurkan Pajero Sport Dakar Hi-Power

Penulis: | Rabu, 27 April 2011 | 17:39 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/SABASTIAN

    Rizwan Alamsjah (kiri) dan Iichi Koito (kanan) usai membuka selubung Pajero Sport Dakar Hi-Power 4x4 (kiri) dan 4x2 (kanan)

  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/SABASTIAN

    Untuk membuktikan ketangguhan dan kehebatan mesin, Mitsubishi mendatangkan pereli jepang Matsuoka (kedua dari kiri) dan pereli nasional Subhan Aksa (kiri) dan Rifat Sungkar (kanan)

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Pajero Sport merupakan produk andalan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) di segmen medium SUV. Bahkan dalam usia belum menginjak satu tahun sejak diluncurkan Juni tahun lalu, ia menjadi fenomenal dan menguasai pasar untuk kategori 4x4 dan bersaing ketat sama Toyota Fortuner dan Honda CR-V di kategori 4x2.

Dari data Gaikondo, penjualan medium SUV 4x4 Januari-Maret 2011 tercatat 867 unit dan Pajero teratas dengan 437 unit, berarti menguasai 50 persen lebih. Untuk mempertahankan dominasinya di kelas 4x4, KTB meluncurkan Pajero Sport Dakar (PSD) Hi-Power 4x4, sekaligus dibarengi dengan varian Dakar Hi-Power 4x2. Meski kendaraan baru ini bersifat "facelift", tapi perubahannya tak hanya pada eksterior (seperti umumnya dilakukan para ATPM).

Mesin pun mendapat sentuhan dengan ditingkatkan kemampuannya. Meski dasar dan kapasitas masih sama dengan model sebelumnya, yakni 2.5L DOHC 16 valve Cammon Rail Direct Injection, tapi jantung pacu yang baru ini dilengkapi dengan Variable Geometry Turbo (VGT), membuat tenaga meningkat jadi 178 PS pada 4.000 rpm dan tenaga bawah serta atas jadi galak. Seperti apa cara kerjanya, bisa disimak pada tulisan VGT sebelumnya.

Dalam sambutannya, Executive Marketing Director KTB Rizwan Alamsjah mengatakan bahwa Pajero Sport memimpin 50 perser lebih pangsa pasar SUV 4x4. "Karena itu, hari ini, Mitsubishi memberi versi baru yang lebih hi-power yang dilengkapi dengan VGT," ungkapnya.

Dengan VGT ini, lanjut Rizwan, tenaga yang dihasilkan lebih bagus, tapi tetap mempertahankan keiritan. Iichi Koito, Operating Marketing Director KTB menambah, selain tenaga, torsinya pun besar. "Sekarang ini, tenaga Pajero Sport Dakar bisa dibilang setara dengan mesin yang berkapasitas 3.000 cc. Malah tarikan lebih baik dan lebih irit," tegasnya.

Ketika ditanya soal target penjualan, Rizwan mematok angka 1.400 unit per bulan, naik 400 unit dari sebelumnya. Mengenai harga, untuk Dakar Hi-Power 4x4 dibanderol Rp468 juta, sedang Dakar Hi-Power 4x2 Rp408 juta (on the road Jabodetabek.


Editor : Bastian