Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Texas Tuan Rumah MotoGP 2013

Kompas.com - 13/04/2011, 15:43 WIB

TEXAS, KOMPAS.com — Promotor MotoGP, Dorna Sports, mengumumkan kalau pihaknya telah menyepakati Texas sebagai tempat penyelenggaraan rangkaian balapan selama 10 tahun, yang dimulai pada 2013. Full Throttle Productions, 3FourTexasMGP, dan Dorna Sports sepakat bahwa lomba digelar di Austin, Texas.

Sirkuit yang sebelumnya merupakan bekas arena pacuan kuda saat ini sedang dalam pembangunan. Kelas yang dilombakan tetap tiga, yakni kelas utama (MotoGP), Moto2 dan Moto3 (pengganti kelas capung alias 125 cc yang diberlakukan pada 2012).

"Kami senang bisa menambah kalender MotoGP di Amerika. Ini merupakan kehormatan untuk memperluas kejuaraan sampai ke Texas," komentar Carmelo Ezpelata, CEO Dorna Sports. Ezpelata juga menuturkan bahwa pihaknya memiliki hubungan yang baik dengan Kevin Schwantz (mantan pebalap GP) selama 20 tahun.

Texas sendiri di kancah balap motor kelas puncak ini telah menghasilkan juara dunia, antara lain Kevin Schwantz pada 1993. Kini, ada dua pebalap yang bertarung, yakni Ben Spies yang asal Longview dan Colin Edwards.

"Bagi saya, ini mimpi yang jadi kenyataan bahwa kejuaraan dunia MotoGP akan berlangsung di rumah sendiri," sebut Schwantz yang kini memegang jabatan di 3FourTexasMGP. Ia mengaku penuh percaya diri di arena balapan ini dan juga mengetahui seperti apa populernya balapan ini. "Untuk jangka panjang, saya yakin balapan di Texas ini akan sukses," ungkap Schwantz yang ketika membalap membela tim Suzuki.

Austin akan menjadi persinggahan rombongan sirkus MotoGP ketiga, setelah Laguna Seca di Monterey (California) dan Indianapolis Motor Speedway di Indianapolis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com