Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki SX4 Paling Minim Masalah

Kompas.com - 27/03/2011, 16:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Suzuki SX4 berhasil mempertahankan prestasinya sebagai mobil yang memiliki permasalahan terendah di segmen hatchback premium dua tahun berturut-turut sesuai hasil dari Indonesia Initial Quality Study (IQS) 2010 yang dilakukan oleh JD Powers and Associates. Sukses kedua SX4 tahun ini mengungguli saudaranya, Suzuki Swift dan Honda Jazz.

Akira Utsumi, Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengaku gembira menerima penghargaan ini. "Perolehan dua tahun penghargaan ini menjadi bukti kualitas SX4. Kami berharap prestasi ini bisa dipertahankan," ujar Utsumi, di Dealer Suzuki Pondok Indah, Jakarta Selatan, Minggu (27/3).

IQS Indonesia merupakan studi berbasis konsumen yang dilakukan JD Power Asia Pasific guna mengukur masalah-masalah yang dialami pemilik dengan kendaraan barunya (masa pakai dua sampai enam bulan). Permasalahan yang diukur pada kendaraan tercatat lebih dari 200 gejala—terbagi dalam delapan kategori—yang timbul dalam penggunaan sehari-hari. Kedelapannya , adalah eksterior, fitur, pengalaman berkendara, audio sistem hiburan, navigasi, tempat duduk, pendingin ruangan, mesin, dan transmisi.

JD Powers dalam keterangannya menyebutkan, total 57 model kendaraan penumpang dan utility vehicle dari 15 merek di Indonesia yang masuk dalam penelitian. Jangka waktu penelitian antara Oktober-Juli 2010 terhadap 2.421 konsumen. Dan masalah paling banyak muncul pada bagian mesin, transmisi, eksterior, dan pengalaman berkendara. Hasil studi ini juga menunjukkan 43 persen dari konsumen yang tak mengalami masalah kualitas akan merekomendasikan model kendaraan ke teman atau keluarga.

"Komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas kendaraan sangat penting untuk memperoleh kepercayaan dan loyalitas pembeli. Ini menjadi rekomendasi positif dan rujukan untuk calon konsumen baru," papar Rajeev Naie, Manajer Senior JD Powers Asia Pasific-Singapura.

Hasil JD Powers 2010 IQS

Premium Compact Car: Suzuki SX4, Honda Jazz dan Suzuki Swift Entry SUV: Daihatsu Terios, Isuzu Panther, Toyota Rush SUV : Toyota Fortuner, Honda CR-V, Nissan X-Trail MPV: Toyota Innova, Nissan Grand Livina, Honda Freed

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com