Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Perpanjang Masa "Idle" Pabrik

Kompas.com - 26/03/2011, 09:29 WIB

TOKYO, KOMPAS.com -Bila prinsipal mobil di Jepang sudah mulai produksi, Honda Motor Company (HMC) justru memperpanjang masa "idle" pabrik dari hingga 3 April 2011. Kondisi ini mengancam pasokan beberapa model unggulan seperti Fit, CR-V dan Acura TSX ke Amerika Serikat.

Seperti dilansir leftlanenews, Honda juga berencana mengalihkan kegiatan riset dan pengembangan perusahaan yang berlokasi di Tochigi, karena masih rusak berat akibat goncangan gempa 9 skala richter. Perbaikan fasilitas ini diperkirakan bisa memakan waktu bulanan sehingga karyawan akan dialihkan ke beberapa lokasi lain di seluruh Jepang.

"Honda memutuskan mentransfer beberapa fungsi pengembangan produk mobil, pengembangan teknologi manufaktur dan teknik pembelian Honda ke beberapa lokasi seperti di Sayama, Suzuka dan Wako," tulis Honda dalam keterangan resminya. Meski produksi di Jepang masih ditunda, Honda di Amerika Utara dipastikan tak akan terpengaruh dalam jangka waktu pendek. Pasalnya, hampir seluruh pabrik Honda di Amerika pasokan komponen dipenuhi produsen di AS.

Di sisi lain, Nissan Motor Company mengatakan mulai melakukan kegiatan produksi sejak kemarin (24/3/2011) dengan memaksimalkan stok komponen yang tersedia. Prinsipal juga tengah mempelajari untuk merelokasi pasokan mesin VQ V6 dari pabarik Tennessee, AS ke Jepang karena sedikitnya 40 suplier dari Jepang masih dalam kondisi bermasalah.

Mazda juga sudah memproduksi beberapa model unggulan seperti CX-7 dan CX-9 meski stok komponen semakin tipis. Sedangkan Subaru menyatakan masih menunda produksi mulai sampai 28 Maret 2011 dan pabrik di Indiana, AS juga mulai mengurangi lembur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com