Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi GM dan Renault Ikut Terganggu Akibat Gempa Jepang

Kompas.com - 21/03/2011, 09:21 WIB

TOKYO, KOMPAS.com -  Gempa dan tsunami yang melanda Jepang Timur Laut (Tohoku) pada 11 Maret lalu tidak hanya menyebabkan produsen Jepang harus menghentikan produksinya sementara waktu.

Ternyata, menurut laporan Asian wall Street Journal (AWSJ), sebagian produk General Motors di Amerika Serikat (pikap yang dirakit di Shreveport, LA) dan Renault di Busan, Korea Korea Selatan(pabrik Renault-Samsung),  juga terganggu. Pasalnya, kedua produsen tersebut,  menggunakan  komponen asal Jepang.

Sementara itu, Nissan Motor Co, kemarin mengumumkan, pabriknya di Oppama, Tochigi, Kyushu, Yokohama dan Nissan Shatai hanya memproduksi komponen. “Untuk memenuhi kebutuhan produk Nissan yang dirakit di luar Jepang plus komponen untuk perbaikan,” jelas perusahaan tersebut pada situsnya. Nissan berencana mulai berproduksi Kamis mendatang (24 Maret 2011).

Dijelaskan, pengiriman komponen masih membutuhkan waktu.  Sementara itu, pabrik Nissan di Iwaki hanya beroperasi sebagian. Daerah ini mengalami kerusakan parah akibat gempa termasuk infrastrukturnya.  Nissan belum membuat keputusan untuk mengoperasikan pabrik mesinnya di Iwaki, Fukushima karena penututapan pembangkit listrik tenaga nuklir Tokyo Electric Power Co (Tepco) di Daichi Fukushima.

Dijelaskan pula, pada tahap awal produksi, dipastikan tidak bisa pada kapasitas penuh. Pasalnya, problem lain yang dihadapi adalah pemadaman listrik bergilir yang masih berlangsung di sebagian besar  Tokyo dan beberapa SPBU masih tutup.  

Sementara itu Honda, Jumat mengatakan pabrikyang membuat mobil dan sepeda motor masih tutup sampai besok dan baru dibuka Rabu. Dijelaskan pula, sekitar 30 persen dari 110 pemasokan komponennnya berada di derah yang digoyang gempa.

Sementara Toyota hanya mengoperasikan pabrik  untuk memproduksi komponen. Belum ada pengumuman lebih lanjut dari produsen #1 Jepang tersebut, apakah sudah pasti mulai berproduksi besok sesuai rencana yang diumumkan minggu lalu.

Bahkan, Mazda produsen  mobil Jepang  yang  jauh dari Tokyo, saat ini juga memproduksi spare parts untuk produknya yang dibuat di luar Jepang. Pabrik Mazda di Hirossima dan Yamagugchi, direncanakan mulai dibuka besok. Sedangkan  Mitsubishi menghentikan produksi sampai besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com