Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Mobil Hibrida Toyota Mencapai 3,3 juta Unit

Kompas.com - 10/03/2011, 08:26 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Toyota mengumumkan telah menjual 3 juta unit kendaraan hibrida di seluruh dunia sejak pertama kali diperkenalkan melalui Toyota Coaster Hybrid EV bus pada 1997. Prius, kini menjadi andalan Toyota dan juga disebut “King of Hybrid” , generasi pertamanya diluncurkan pada 1997.

Pertumbuhan paling cepat  penjualan kendaraan hibrida Toyota justru terjadi sejak Agustus pada 2009 sampai sekarang. Sejak  itu, penjualan  kendaraan hibrida Toyota dari berbagai model dan kategori mencapai satu juta unit lebih.

Toyota saat ini memasarkan 16 model hibrida di seluruh dunia dan akan memperkenalkan varian Prius baru lagi. Versi mewah dari kelompok Toyota, yaitu Lexus, juga  ikut mendongkrak penjualan mobil hibrida. Khusus Lexus, model hibrida yang ditawarkan makin banyak, yaitu  RX, GS, LS, CT dan HS.

Menjelang akhir 2011 ini Toyota akan menambah 10 model hibrida lagi ke pasar global. Menurut Toyota, kendaraan  hibrida telah  mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) sampai 10 juta ton.

Khusus Prius  yang sudah mencapai generasi ke-3,  menguasai 72 persen hibrida Toyota di seluruh dunia. Tahun lalu,  total penjualan Toyota di sleuruh dunia  7,53 juta mobil, 690.000 unit adalah hibrida. Sekitar 60 persen mobil hibrida Toyota dijual di luar Jepang. Sementara itu di Amerika Utara penjualan Toyota hibrida sudah mencapai 1,15 juta unit.

Rival Toyota, Honda baru bisa menjual 610.000 mobil hibridanya di seluruh dunia. Sementara itu, Nissan yang mencoba mobil hibrida tahun lalu, baru menjual 1.900 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com