Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mini MPV Unik dari Ford

Kompas.com - 02/03/2011, 12:06 WIB

GENEVA, KOMPAS.com — Ford mini MPV konsep bernama "B-Max" akhirnya muncul secara utuh di Geneva Auto Show 2011 (1-13 Maret) setelah sebelumnya hanya disampaikan secara sekilas oleh Ford Eropa. Kendaraan keluarga tersebut menunjukkan keunikan bentuknya yang mirip hatchback, tetapi menjadi mini MPV ketika semua pintunya dibuka bersamaan.

Triknya, ada pada "penghilangan" pilar antara pintu depan dan tengah. Dengan desain tersebut, ruang masuk-keluar penumpang menjadi lebih lega. Uniknya lagi, ketika pintu tengah dibuka (geser), tampilannya akan "menipu" mata karena bodi B-Max seolah-olah panjang. Padahal, ujung pintu tengah (yang dibuka) menjorok ke belakang dan melebihi lekukan punggung mobil.

B-Max akan dipasangi mesin Ecoboost turbo 3-silinder berkapasitas 1.000 cc. Teknologi ini diklaim lebih hemat bahan bakar 20 persen dibanding mesin berkapasitas sejenis.

Oleh karenanya, sejumlah syarat mobil modern pun telah terpenuhi. Ford seakan-akan memberi sugesti bahwa mobil kecil modern masih bisa disebut van. Namun, pihak produsen menyebutkan bahwa B-Max belum akan dikatergorikan sebagai mobil produksi massal. Walau begitu, menurut sebuah kabar, mini MPV ini kemungkinan akan diproduksi di pabrik Ford di Romania dalam beberapa tahun mendatang. (Dimas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com