Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biona, Sepeda Motor Kayu Futuristik

Kompas.com - 13/01/2011, 14:26 WIB

KOMPAS.com - Inilah  kreasi lain dan unik para perancang membayangkan sepeda motor masa depan. Bayangannya, sepeda motor yang dibuat dari besi, kayu dan karet. Hebatnya lagi, untuk menggerakkannya digunakan tenaga listrik dan ditargetkan menjadi kendaraan orang kota. Semua itu merupakan gambaran dari seorang desainer asal Spanyol, Jordi Poblet Pedrol dan memberi nama karyanya dengan Biona.

Bentuknya unik, mengesankan sepeda motor ringan, ringkas dan berteknologi tinggi. Rangka dibuat dari baja ringan dan dikawinkan dengan kayu pada jok, airscoop depan, sampai ke kolong. Ruang penyimpanan baterai berada di bawah jok.

Tujuan utama menghadirkan  sepeda motor konsep ini, untuk   memberi inspirasi, meski akan sulit diwujudkan. Para desainer terus berusaha   menembus batas imajinasi manusia dan menciptakan  bentuk yang unik dan senak dipandang. Untuk Bonia, Jordi  menunjukkan kepada  dunia presepsi baru sepeda motor listrik.

Menariknya, beberapa pertanyaan yang dilontarkan Jordi dalam menggabarkan desain Bonia yakni, "Apa kita butuh partisi plastik besar? Apa kita butuh bobot seberat itu? Apa kita butuh desain yang sama untuk sepeda motor? Proyek Biona ini diciptakan untuk menjawab pertanyaan itu, membangun perspektif baru tentang sebuah sepeda motor," jelas Jordi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com