Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putus Sama Hero, Honda Kian Agresif di India

Kompas.com - 05/01/2011, 11:39 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Desember lalu, Honda Motor Co (HMC) mengakhiri mitranya dengan Hero di India dengan menjual kepemilikan sahamnya. Selanjutnya, produsen sepeda motor itu memulai program baru dengan meningkatkan tiga kali lipat menjadi 5 juta unit penjualannya dalam tiga sampai lima tahun mendatang. Demikian dilaporkan Nikkei, kemarin (4/1/2010).

Untuk memuluskan targetnya itu, HMC berencana meningkatkan kapasitas produksi yang sekarang 1,55 juta unit di anak perusahaannya Honda Motorcycle & Scooter India PVT di Negeri Sari. Sedang pabrik kedua di wilayah bagian Rajasthan mulai beriperasi semester kedua tahun ini. Langkah ini untuk mengangkat kapasitas produksi Honda di India menjadi 2,2 juta unit pada 2012.

Jadi, perusahaan yang selama ini dominan menghasilkan skuter, akan meningkatkan produksi jenis sport 100 dan 250 cc. Sebelumnya, HMC akan mengembangkan lebih dari 10 model untuk memasuki pasar global yang strategis - sasaran utamanya negara berkembang - pada 2013.

Model-model tersebut dibikin di India dan Thailand. Untuk produk pertama CBR 250R yang diproduksi di India Maret 2011. Honda juga memiliki 700 jaringan dealer di India sampai Februari 2010, terutama di kota-kota besar.

Program HMC tak cuma itu. Mereka juga merencanakan membangun pabrik ketiga di wilayah Andhara Pradesh dan yang pertama di India Selatan. Pembangunan di atas tanah seluas 400.000 meter persegi ini dilakukan secara bertahap dengan dana investasi 18 miliar yen (Rp1,94 triliun).

Ngototnya Honda di India bertujuan menjadi pemimpin pasa sepeda motor terbesar kedua setelah China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com