Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup di Roda, Tampilan Honda CR-Z Lebih Sporty

Kompas.com - 03/01/2011, 19:29 WIB

BANDUNG, KOMPAS.COM - Honda CR-Z hybrid yang meraih gelar car of the year di negeri asalnya Jepang, ternyata ada di Indonesia, khususnya Bandung (Jawa Barat). Imonz sebagai pemilik tak puas dengan tampilan standar dan anggapan mobil hibrida sulit dimodifikasi sudah dibuang jauh-jauh. "Yang penting saya ingin tampil beda!" tegasnya.

Dibantu Iwan dari Vertical Motorsport, Imonz merealisasikan keinginannya dengan memasang velg Rojam ukuran 20x8,5 inci yang dibalut ban Toyo Proxes T1R 235/30ZR20. Dan menurut Iwan, cari velg Honda CR-Z tidak susah karena PCDnya umum (5/114,3). "Yang susah, ngakalin pasangnya supaya tidak mentok," bilang Iwan. Karena, kelebaran velg mencapai 8,5 inci, sementara mangkuk sokbreker sangat dekat ke roda.

Tidak seperti mobil lain, sokbreker CR-Z sangat mungil karena mengejar efisiensi dengan membatasi ruang bagi angin bersarang di dalam sepatbor yang bisa menyebabkan laju mobil berkurang.

Solusinya, ada bagian sepatbor yang di-roll, terutama menurut Iwan, bagian depan saja dengan mengetuk bagian pelat yang timbul di sekitar bibir sepatbor bagian dalam. Sementara untuk membuat posisi roda belakang aman dari gesrotan ban, per yang menyatu pada sokbreker dipasangkan damper biar jarak mainnya berkurang.

Setelah velg sukses bersarang, Imonz juga memasang spinner yang dibelinya sendiri dari luar negeri. Ini mempresentasikan gayanya yang suka nge-blink, sesuai style busananya yang trendy. Medski dibeli terpisah, pemasangannya, menurut Imonz gampang tinggal pakai kunci L. (Rudy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com