Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bayar "Uang Damai" 10 Juta Dollar AS

Kompas.com - 24/12/2010, 16:03 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com — Toyota Motor Corporation (TMC) sepakat membayar "uang damai" senilai 10 juta dollar AS (Rp 90,3 miliar) kepada ahli waris almarhum Mark Saylor, yang mengalami kecelakaan saat mengendarai Lexus pada Agustus 2009. Musibah itu menewaskan empat orang, termasuk Mark yang bekerja di California Highway Patrol beserta istri, anak, dan kakak ipar. Peristiwa ini menjadi penyebab mencuatnya recall sampai jutaan unit yang dialami Toyota.

Uang tersebut disepakati TMC setelah upaya mediasi dilakukan oleh pihak penggugat di pengadilan setempat. Sebelumnya, pihak Saylor menuntut Toyota dengan tuduhan mencelakai hingga menghilangkan nyawa dengan sengaja karena produk yang cacat. Seperti dilansir Dow Jones, Kamis (23/12/2010), jumlah uang itu sudah dikonfirmasi Larry Willis, pengacara Bob Baker, pemimpin dealer Lexus (Toyota) di Orange County, California, sebagai terdakwa dalam kasus ini.

Semula, Toyota meminta agar upaya mediasi tak diekspose ke publik. Namun, hal itu ditolak oleh salah satu hakim pemimpin pengadilan negeri. Toyota sempat mengajukan keberatannya karena menjadikan kasus ini terbuka bagi umum dan tak menghargai keinginan penggugat dan tergugat.

Dengan adanya kesepakatan damai ini, keluarga Mark Saylor diminta menangguhkan tuntutannya di pengadilan sehingga Toyota hanya dibebani sanksi administratif. Kasus tersebut hanya sebagian kecil dari apa yang dihadapi Toyota akibat recall jutaan mobil mereka karena pedal gas "bermasalah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com