Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeep Penakluk Dua Habitat

Kompas.com - 13/12/2010, 12:27 WIB

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Dari sisi tampilan, Jeep ini tak ada yang istimewa. Bodinya standar-standarnya saja, hanya seorang gadis yang berada di atas kap mesin yang menjadi daya tarik mobil tersebut.

Sesungguhnya, asli kendaraan ini bukan Jeep tapi basisnya Volkswagen Bettle tua yang bisa berjalan di air, hasil karya dari WaterCar. Perusahaan yang khusus menciptakan kendaraan amphibi bermarkas di California. Berdiri sejak 1976, tidak sedikit mobil air telah dihasilkan di antaranya berbagai model Python.

Untuk jip yang dinamakan Gator, idenya terinspirasi oleh mobil Buggy pantai Myers Manx buatan 1960. Di sini, WaterCar memakai VW Bettle tua untuk mewujudkannya.

Bodi asli tak dipakai dan diganti dengan bodi kit Jeep Wrangler yang terbuat dari bahan fiberglass. Komponen lainnya yang diganti, di antaranya girboks dan transmisi, ditambah dengan mesin pendorong (water jet propulsion), drive axles bertorsi tinggi, suspensi depan dan belakang, steering assembly serta bahan stainless steel untuk dipakai pada bagian tertentu. Seluruhnya menghabiskan dana Rp264 juta lebih.

Untuk eksterior, WaterCar masih mengandalkan Jeep CJ8 seperti bagian atap, pintu, kaca, lampu, kursi, spion dan lainnya. Mobil amphibi ini dibikin dengan kecepatan yang tidak tinggi. Ketika melesat di air hanya mampu mencapai 12 km per jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com