Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Produksi Mobil Murah di Thailand

Kompas.com - 09/12/2010, 18:54 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Thailand bergerak lebih gesit menarik investor asing, utamanya mendirikan pabrik mobil murah alias eco-car. Setelah Nissan, Honda, hari ini Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memastikan akan menjadikan Thailand sebagai basis produksi mobil murahnya yang disebut dengan “global small”.

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Direktur MMC Osama Masako ketika meletakkan batu pertama untuk mendirikan pabrik perakitan Mitsubishi ketiga di negara tersebut. Acara peletakan batu pertama pabrik baru Mitsubishi ini dihadiri oleh Menteri Perindustrian Thailand Chaiwut Bunnawat.

Menurut MMC, mobil yang akan dibikin di pabrik ini merupakan model terbaru dari seluruh rangkaian produk Mitsubishi di seluruh dunia. Direncanakan, pabrik baru sudah bisa memproduksi mobil murah Mitsubishi pada 2012. Kendati belum menyebutkan dimensi dan harga mobil murah yang akan dibikin, MMC sudah memastikan mesin yang digunakan berkapasitas 1,0-1,2 liter. Wujud mobil akan diperkenalkan tahun depan.

Pabrik baru ini akan memproduksi 150.000 mobil “global small” Mitsubishi per tahun dan akan ditingkatkan menjadi 200.000 unit. Dijelaskan pula, banyak produsen mobil menjadikan Thailand sebagai basis produksi mobil murah karena adanya insentif. Di samping itu, infrastruktur di negara tersebut juga sangat mendukung plus mudahnya mendapatkan komponen sehingga biaya produksi bisa ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com